Selasa 06 Feb 2024 05:51 WIB

Hattrick Foden Bantu Man City Comeback Libas Brentford 3-1

Man City kini hanya berjarak dua poin dari pemundak klasemen Liverpool.

Gelandnag serang Manchester City Phil Foden (tengah) mencetak hattrick melawan Brentford dalam lanjutan Liga Primer Inggris.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Gelandnag serang Manchester City Phil Foden (tengah) mencetak hattrick melawan Brentford dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Phil Foden mencetak hattrick brilian saat Manchester City bangkit untuk meraih kemenangan 3-1 di kandang Brentford pada Selasa (6/2/2024) dini hari WIB. Kemenangan di Stadion Komunitas Brentford ini membuat City kini hanya berjarak dua poin dari pemuncak klasemen Liga Primer Inggris Liverpool serta masih punya satu pertandingan sisa di tangan.

Meskipun tekanan City hampir konstan, Brentford memimpin dengan gol Neal Maupay setelah 21 menit. Foden menyamakan kedudukan sebelum turun minum dan menambahkan dua gol luar biasa saat tim tamu mengambil alih kendali dengan penampilan penguasaan bola pada awal babak kedua.

Baca Juga

Liverpool, yang dikalahkan oleh Arsenal pada Ahad (4/2/2024), memimpin klasemen dengan 51 poin dari 23 pertandingan. Namun City memiliki 49 poin dari 22 pertandingan dan Arsenal memiliki 49 poin dari 23 pertandingan.

Musim lalu, Brentford berhasil meraih dua kali kemenangan atas City, menang 1-0 di London pada pertandingan terakhir bulan Mei ketika gelar juara telah dipastikan serta sebelumnya unggul di Etihad 2-1 pada November dengan dua gol Ivan Toney.

Kemenangan lain terlihat tidak mungkin terjadi setelah awal pertandingan ketika Julian Alvarez melepaskan dua tendangan melengkung yang ditepis melebar oleh Mark Flekken. Ia kemudian melakukan penyelamatan yang lebih baik lagi untuk menepis tendangan jarak jauh Kyle Walker yang meliuk-liuk.

Namun rupanya Brentford yang mencetak gol lebih dulu saat Flekken melepaskan tendangan yang gagal disentuh oleh Nathan Ake, di bawah tekanan Toney. Maupay memiliki ruang kosong di depan gawang dan dengan tenang memasukkan bola ke pojok bawah gawang setelah 21 menit.

Maupay tidak dapat mencetak gol selama di Everton, tapi kini telah mengoleksi lima gol dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi saat dipinjamkan ke Brentford.

Erling Haaland memiliki kesempatan untuk segera menyamakan kedudukan, tapi Flekken kembali melakukan penyelamatan dengan kakinya, sebelum kembali melakukan penyelamatan dari percobaan Josko Gvardial.

Brentford kemudian memenangkan serangkaian tendangan sudut dan pemandangan luar biasa dengan menempatkan sembilan pemain di dalam kotak penalti dengan hanya satu pemain luar dari masing-masing tim yang menempati 90 meter rumput yang tersisa.

Namun, usaha mereka sia-sia dan City menyamakan kedudukan pada injury time babak pertama. Foden memanfaatkan sundulan sapuan bola lemah, dengan tenang mengntrol bola dengan dada untuk kemudian melepaskan percobaan ke-17 timnya pada babak pertama. Skor 1-1 saat turun minum.

Foden yang selalu sulit dijaga membawa City unggul setelah Kevin de Bruyne memberikan umpan silang yang sempurna untuk diteruskan ke gawang oleh sang gelandang yang tak terkawal pada menit ke-53.

Brentford yang bersemangat melakukan beberapa percobaan untuk menyamakan skor. Namun City mampu mengatasinya sebelum Foden melengkapi treble-nya dengan penyelesaian yang tenang setelah melakukan umpan satu-dua dengan Haaland pada menit ke-70.

Comeback ini bukanlah sebuah kejutan karena City telah memenangkan tiga pertandingan tandang terakhir mereka di liga meskipun sempat tertinggal. Sedangkan Brentford adalah yang terburuk di liga dalam hal membuang-buang kesempatan, membuat mereka telah kehilangan 26 poin musim ini.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement