Ahad 14 Jan 2024 22:01 WIB

Piala Asia 2024 : Brace Minamino Bawa Jepang Tundukkan Vietnam

Jepang menang dengan skor 4-2.

Red: Edwin Dwi Putranto

Pemain Jepang Takumi Minamino, melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad (14/1/2024). Jepang menang dengan skor 4-2. (FOTO : AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Pemain Jepang Junya Ito (kiri), berusaha melewati adangan pemain Vietnam Vo Minh Trong, pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad (14/1/2024). Jepang menang dengan skor 4-2. (FOTO : AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Pemain Vietnam Pham Tuan Hai (kiri), melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad (14/1/2024). Vietnam dikalahkan Jepang dengan skor 2-4. (FOTO : AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Penjaga gawang Vietnam Nguyen Filip gagal mengamankan tendangan pemain Jepang Keito Nakamura pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad (14/1/2024). Jepang menang dengan skor 4-2. (FOTO : AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Pemain Jepang Ayase Ueda (kedua kiri), melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad (14/1/2024). Jepang menang dengan skor 4-2. (FOTO : AP Photo/Thanassis Stavrakis)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,

DOHA Jepang bangkit dari ketinggalan untuk menang 4-2 atas Vietnam pada pertandingan Grup D Piala Asia 2024 di Stadion Al Thumana, Doha, Ahad (14/1/2024).

Takumi Minamino membawa Jepang unggul pada menit ke-11. Diawali sepakan Yukinari Sugawara ke kotak penalti, bola terdefleksi seorang pemain bertahan Vietnam dan Minamino tidak membuang peluang untuk menyambar bola pantul.

Vietnam lantas mampu menyamakan kedudukan empat menit berselang. Nguyen Dinh Bac menyundul bola tendangan sudut untuk melesat masuk ke gawang yang dikawal kiper Zion Suzuki.

Pada menit ke-33, Vietnam justru berhasil membalikkan situasi. Bek Bui Hoang Viet Anh menyundul bola tendangan bebas ke tiang jauh, bola berhasil ditepis kiper Suzuki, tetapi bola justru kemudian mengarah ke arah Pham Tuan Hai yang menceploskannya ke gawang Jepang.

 

Pada menit ke-45, Wataru Endo mengirim bola kepada mantan pemain Liverpool Minamino, dan penyerang AS Monaco itu kemudian melesakkan sepakan tanpa mengontrol bola yang masuk ke arah tiang jauh gawang Vietnam. Kedudukan pun menjadi imbang 2-2.

Jepang lantas berbalik unggul pada menit ke-45+9. Keito Nakamura melesakkan sepakan dari tepi kotak penalti, yang bersarang ke gawang Filip Nguyen.

Tempo permainan menurun dengan signifikan pada babak kedua, namun pemain pengganti Ayase Ueda masih mampu mengemas gol keempat Jepang pada menit ke-85.

Dengan hasil ini, Jepang berhak memuncaki klasemen sementara Grup D dengan tiga poin. Sedangkan Vietnam menghuni dasar klasemen dengan nol poin, demikian catatan laman resmi AFC.

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement