Senin 08 Jan 2024 11:45 WIB

4.000 Peserta akan Ungkap Teknologi Mutakhir di CES 2024

Tema besar tahun ini mencakup kecerdasan buatan dalam segala hal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Orang-orang berjalan melalui Las Vegas Convention Center selama persiapan menjelang pameran teknologi CES Sabtu, 6 Januari 2024, di Las Vegas.
Foto: AP Photo/John Locher
Orang-orang berjalan melalui Las Vegas Convention Center selama persiapan menjelang pameran teknologi CES Sabtu, 6 Januari 2024, di Las Vegas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Las Vegas sedang bersiap untuk CES 2024, dengan sentuhan akhir sedang dilakukan. Terdapat ruang konvensi seluas 2,5 juta kaki persegi atau sekitar 232.257,6 meter persegi untuk 4.000 peserta pameran. 

Mereka mengharapkan 130 ribu peserta tahun ini yang akan menjadikannya salah satu konvensi terbesar yang pernah mereka adakan di CES. Jumlah tersebut kira-kira sama dengan jumlah penduduk Dayton, Ohio. 

Baca Juga

Tema besar tahun ini mencakup kecerdasan buatan (AI) dalam segala hal. Tentu saja, ada kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, dan ada otomatisasi yang akan disebut sebagai AI. Terserah 130 ribu peserta untuk membedakan keduanya. 

Scripps News berbicara dengan salah satu penyelenggara, yang mengatakan bahwa dari 250 keterlibatan berbicara dan 1.000 pembicara, dia memperkirakan sekitar 90 persen akan memasukkan AI ke dalam percakapan-percakapan mereka. Dia juga merinci kemitraan baru dengan PBB untuk meningkatkan akses terhadap teknologi di seluruh dunia. 

“Jadi PBB, Anda tahu, mempunyai pilar-pilar ini, dan mereka berkata, ‘Apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia sebagai manusia? Itu adalah akses terhadap makanan, akses terhadap air bersih, akses terhadap keamanan.’ Nah, kini akses terhadap teknologi telah diciptakan sebagai pilar kedelapan keamanan manusia, yang menyatakan bahwa kita membutuhkan masyarakat untuk memiliki akses terhadap teknologi agar kehidupan  mereka lebih baik, untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman hidup yang lebih aman,” kata juru bicara CES Allison Fried, dilansir Scripps News, Senin (8/1/2024). 

Tentu saja perang di Gaza dan Ukraina sedang mendapat banyak perhatian saat ini. Ada paviliun Ukraina di CES yang memamerkan beberapa pengusaha dari Ukraina yang mencoba membuat kemajuan-kemajuan teknologi yang sebenarnya dapat membantu negara tersebut dalam perang. 

Kekhawatiran besar lainnya di awal pekan ini tentu saja adalah penyebaran Covid. Ketika kita melihat angka Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang menunjukkan lonjakan aktivitas Covid di seluruh negeri dan begitu banyak orang yang menghadiri konvensi dari seluruh penjuru negeri dan seluruh dunia, terdapat kekhawatiran bahwa Covid dapat menyebar di CES. 

Jadi mereka meningkatkan ruang terbuka di aula-aula konvensi dan memperluas banyak lorong antar ruang konvensi. Mereka juga menyediakan banyak tempat hand sanitizer, dan mereka mencoba mengurangi titik-titik kontak dengan lebih banyak aktivasi suara dan gerakan di beberapa pameran, dan mereka menyediakan tes Covid di tempat, berharap hal ini akan menyediakan sumber daya -sumber daya yang diperlukan untuk menghindari penyebaran besar Covid-19 di CES 2024. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement