Senin 25 Dec 2023 17:37 WIB

Anda Sedang Ditimpa Masalah Beruntun? Rajinlah Dzikir yang Diajarkan Rasulullah SAW Ini 

Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi dzikir. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi dzikir. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setiap musibah mempunyai tujuan. Sesungguhnya, Allah SWT menghilangkan bencana dengan ketulusan doa dan kebersihan harapan.

Adanya impitan dan kesulitan hidup itu menghilangkan kesombongan, dan terus-menerus mendorong kepada dzikir, syukur, dan kewaspadaan berpikir. 

Baca Juga

Oleh karena itu, seseorang yang ditimpa kesulitan hidup, hendaknya meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. 

Dalam kitab Ibnu Sunni, dari Bararah bin 'Azib ra, dia berkata, "Ada seseorang mendatangi Rasulullah SAW dan mengadukan kepada beliau akan kegundahan yang menimpanya. Maka beliau bersabda: 'Perbanyaklah membaca doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ القُدُّوْسِ رَبِ الْمَلاَءِكَةِ وَالرُّوْحِ جَلَّلْتَ السَّمَاوَاِ وَالْاَرْضَ بِا لْعِزَّةِ وَالْجَبَرُوتِ

Latin: Subhaanal malikil qudduus rabbil malaaikati war ruuhi jallaltas samaawaati wal ardli bil izzati wal jaburuut.

Terjemah: ’Mahasuci Allah, Raja Yang Maha Suci, Tuhan para malaikat dan Malaikat Jibril. Langit dan bumi dihiasi oleh kemuliaan dan kekuasaan.' Seseorang tersebut membacanya dan kegundahannya hilang seketika.’"

Keutamaan dzikir

Imam Ibnu Qayyim dalam kitabnya, Madarij as-Salikin, di antara keutamaan dzikir yang dilakukan secara rutin dan istiqamah adalah sebagai berikut. Enam Keutamaan Dzikir kepada Allah SWT yaitu:

1. Mendapatkan banyak keberuntungan. Orang yang istiqamah mengamalkan dzikir akan mendapatkan keberuntungan secara terus menerus. Keberuntungan tersebut bisa berupa rahmat, kebaikan, dan lain-lain.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالاَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ.

Baca juga: Israel Kubur Warga Hidup-Hidup, Alquran Ungkap Perilaku Yahudi kepada Nabi Mereka

Dari Abu Hurairah dan Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidaklah suatu kaum duduk berdzikir (mengingat) Allah, melainkan mereka dikelilingi oleh para malaikat, diliputi oleh rahmat, diturunkan sakinah (ketenangan), dan mereka disebut oleh Allah di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya.’” (HR Muslim, no 2700)

2. Mendapatkan...

  

n. Mabruroh

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement