Kamis 21 Dec 2023 13:09 WIB

Ketika Dilanda Kesulitan Hidup, Bacalah Dzikir Istimewa Rasulullah SAW Ini

Rasulullah SAW mengajarkan dzikir saat hadapi musibah

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi dzikir. Rasulullah SAW mengajarkan dzikir saat hadapi musibah
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Ilustrasi dzikir. Rasulullah SAW mengajarkan dzikir saat hadapi musibah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketika Allah SWT menguji seorang Muslim, maka hendaknya dia bersabar dan menerima ujian itu dengan lapang dada. 

Dalam kondisi sulit, maka ucapkanlah kata-kata yang baik sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW. Kalimat dzikir tersebut yaitu: 

Baca Juga

أَللَّهُ أَللَّهُ رَبِّي لاَ أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا Allahu Allahu Robbi laa usyriku bihi syai'an. 

“Allah, Allah adalah Tuhanku yang mana aku tidak akan menyekutukannya dengan sesuatu yang lain.”

Kalimat dzikir ini sebagaimana disarikan dari hadits riwayat Abu Dawud dari Asma Bin Umais. 

عن أسماء بنت عميس قالت: قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم: ألا أعلمك كلمات تقولينهن عند الكرب، أو في الكرب: الله الله ربي لا أشرك به شيئاً 

Dari Asma binti Umais dia berkata, "Rasulullah SAW pernah bersabda kepadaku, ”Maukah aku ajarkan kepadamu kalimat yang engkau ucapkan ketika kesulitan, atau dalam kesulitan yaitu:  'Allahu Allahu Robbi laa usyriku bihi syai'an/Allah, Allah adalah Tuhanku yang mana aku tidak akan menyekutukannya dengan sesuatu yang lain." (HR Abu Dawud). 

Keutamaan dzikir

Imam Ibnu Qayyim dalam kitabnya, Madarij as-Salikin, di antara keutamaan dzikir yang dilakukan secara rutin dan istiqamah adalah sebagai berikut. Enam Keutamaan Dzikir kepada Allah SWT yaitu:

1. Mendapatkan banyak keberuntungan. Orang yang istiqamah mengamalkan dzikir akan mendapatkan keberuntungan secara terus menerus. Keberuntungan tersebut bisa berupa rahmat, kebaikan, dan lain-lain.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالاَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ.

Baca juga: Israel Kubur Warga Hidup-Hidup, Alquran Ungkap Perilaku Yahudi kepada Nabi Mereka

Dari Abu Hurairah dan Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidaklah suatu kaum duduk berdzikir (mengingat) Allah, melainkan mereka dikelilingi oleh para malaikat, diliputi oleh rahmat, diturunkan sakinah (ketenangan), dan mereka disebut oleh Allah di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya.’” (HR Muslim, no 2700)

2. Mendapatkan..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement