Kamis 14 Dec 2023 18:41 WIB

Celoteh Ustadz Derry Sulaiman Soal Rohingya, Ini Reaksi Warga dan Pemkot Tasikmalaya

Ustadz Derry Sulaiman meminta maaf terkait pengungsi Rohingya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nashih Nashrullah
Pengungi Rohingya di Banda Aceh (ilustrasi). Ustadz Derry Sulaiman meminta maaf terkait pengungsi Rohingya
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Pengungi Rohingya di Banda Aceh (ilustrasi). Ustadz Derry Sulaiman meminta maaf terkait pengungsi Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA – Pernyataan Ustadz Derry Sulaiman yang siap menampung pengungsi Rohingya di Tasikmalaya ramai menjadi perbincangan. Pernyataan yang disampaikan melalui akun TikTok @derry_sulaiman itu mendapat tanggapan dari warganet, termasuk dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.  

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengaku belum menerima informasi utuh mengenai pernyataan Ustaz Derry Sulaiman. Namun, dia akan meminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tasikmalaya untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.  

Baca Juga

"Kami akan minta Kesbang koordinasi untuk mengecek informasi itu, betul atau tidak," kata dia, Kamis (14/12/2023). 

Menurut dia, niatan itu dipastikan untuk misi kemanusiaan. Namun, di sisi lain proses harus dilakukan dengan benar, sehingga bisa baik untuk semua pihak, termasuk warga sekitar. 

Niatan itu juga harus dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait. Pasalnya, pengungsi Rohingya notabene bukan warga negara Indonesia. Karenanya, masalah itu harus dibahas pihak imigrasi, TNI, dan aparat kepolisian.  

Baca juga: Pesan Rasulullah SAW: Jangan Pernah Tinggalkan Sholat 5 Waktu

 

"Niatnya baik, tapi teknisnya harus dipertimbangkan. Itu kan ada mekanismenya, karena di sini ada imigrasi, kepolisian, TNI, yang juga harus ikut membahas bersama," ujar dia. 

Ivan menambahkan, pihaknya juga masih akan mencari tahu mengenai informasi tersebut. "Sementara kami belum dapat informasi," kata dia. 

Sebelumnya, pernyataan itu disampaikan Ustadz Derry Sulaiman melalui akun TikTok pribadinya. Berdasarkan pantauan Republika.co.id hingga Kamis siang, video itu telah diputar lebih dari 500 ribu kali.  

Dalam video tersebut, Ustadz Derry... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement