Ahad 10 Dec 2023 21:52 WIB

Wasit Jepang Pimpin Laga Persib Vs Persik dan Persita Vs Persikabo di Liga 1, Ada Apa?

Kedua wasit Jepang itu ditugaskan PSSI untuk menjadi contoh bagi wasit-wasit lokal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Persik Kediri merayakan gol keduanya yang dicetak Anderson do Nascimento pada laga Liga 1 Indonesia vs Persik Kediri di Stadion GBLA, Bandung, Ahad (10/12/2023). Persik menang 2-0 di laga itu.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Persik Kediri merayakan gol keduanya yang dicetak Anderson do Nascimento pada laga Liga 1 Indonesia vs Persik Kediri di Stadion GBLA, Bandung, Ahad (10/12/2023). Persik menang 2-0 di laga itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hal menarik terlihat di pertandingan pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024. Dua laga Liga 1 kali ini dipimpin oleh wasit asal Jepang.

Dua wasit yang bertugas adalah Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki. Keduanya ditugaskan PSSI untuk menjadi contoh bagi wasit-wasit lokal.

Baca Juga

Pada kesempatan ini, Nakamura memimpin laga Persib Bandung vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, sementara Yusuke memimpin laga antara Persita Tangerang vs Persikabo 1973 di Indomilk Arena, Tangerang yang digelar pada Ahad (10/12/2023).

Perlu diketahui, meskipun PSSI menurunkan wasit dari Jepang untuk kedua laga tersebut, asisten-asisten wasit tetap melibatkan wasit lokal.

"Ini adalah sebuah bentuk kerja sama kita untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan. Tidak sekadar wasit asing memimpin tapi berkolaborasi dengan wasit lokal," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Ahad (10/12/2023).

Di laga Persib vs Persik, misalnya. Nakamura dibantu oleh Frengki Fredianto (asisten wasit 1), M Akbar Jamaluddin (asisten wasit 2), dan Aprisman Aranda (cadangan wasit). Sedangkan di laga Persita vs Persikabo, Araki dibantu oleh Fuad Qohar (asisten wasit 1), Nurhadi (asisten wasit 2), dan Candra (cadangan wasit).

Erick mengatakan, dengan kolaborasi yang dibangun dengan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berpengalaman, maka perlahan hal itu bisa meningkatkan kualitas SDM lokal. Terlebih sebentar lagi Liga 1 akan mulai menerapkan video asisten wasit (VAR) yang tentu menjadi solusi bagi masalah pengaturan skor yang menghantui sepak bola Indonesia.

"Sepak bola kita akan meningkat kualitasnya jika diikuti juga dengan peningkatan SDM yang terlibat di dalamnya terutama perangkat pertandingan. Dengan usaha untuk meningkatkan kualitas wasit plus penggunaan VAR nanti kita berharap kompetisi kita semakin berkualitas dari segala sisi termasuk dari kualitas pertandingan yang punya standar tinggi," ujar Erick menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement