Jumat 08 Dec 2023 20:29 WIB

Serba-serbi Hasil Undian Grup Copa America 2024 di AS, Argentina Satu Grup dengan Cile

Argentina dua kali dibungkam Cile pada final Copa America 2015 dan 2016.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
President CONCACAF Victor Montagliani berbicara dalam acara undian Copa America 2024 Miami, Florida, Jumat (8/12/2023) WIB.
Foto: EPA-EFE/CRISTOBAL HERRERA-ULASHKEVICH
President CONCACAF Victor Montagliani berbicara dalam acara undian Copa America 2024 Miami, Florida, Jumat (8/12/2023) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Undian pembagian grup turnamen Copa America 2024 sudah berlangsung. Acara tersebut digelar di James L.Knight Center, Miami, Jumat (8/12/2023) WIB.

Sebanyak 16 negara meramaikan ajang ini. Sudah ada 14 tim yang dipastikan melaju. Dua tiket tersisa masih diperebutkan lewat jalur playoff.

Baca Juga

Setiap grup berisikan empat tim yang berasal dari empat pot berbeda. Mekanismenya mirip dengan berbagai ajang lainnya.

Di Grup A, juara bertahan Argentina bersaing dengan Peru dan Cile. Satu tiket tersisa diperebutkan oleh Kanada atau Trinidad & Tobago. Dua tim asal zona CONCACAF itu bertanding di playoff pada Maret 2024.

Pertemuan Argentina dan Cile ini mengingatkan hasil final Copa America 2015 di Santiago, Cile. Saat itu, tuan rumah menaklukkan Argentina lewat adu penalti.

Setahun berselang dalam final Copa America Centenario di East Rutherford, New Jersey, AS, Argentina kembali takluk dengan cara serupa. Ini setelah sepakan penalti Messi melambung di atas mistar.

Selepas kekalahan itu, sang kapten sempat mengumumkan pensiun dari laga internasional, sebelum membatalkan keputusannya dan kembali membela Tim Tango. Tahun depan, Argentina akan kembali bersua di venue yang sama, kali ini di penyisihan grup.

photo
Lionel Messi melepas medali runner up Copa America Centenario 2016. - (AP Photo/Matt Slocum)

Selanjutnya di Grup B, persaingannya relatif cukup merata. Pemenang Gold Cup, Meksiko, bersaing dengan Jamaika, Venezuela, serta Ekuador.

Tuan rumah Amerika Serikat akan tergabung di Grup C. AS akan bertemu Bolivia, Panama, dan Uruguay. Nama terakhir sudah mengoleksi 15 gelar turnamen ini.

Beralih ke Grup D, raksasa Amerika Selatan, Brasil, bersaing dengan Kolombia dan Paraguay. Satu tiket tersisa diperebutkan Honduras atau Kosta Rika.

"Dua tim teratas akan di masing-masing empat grup akan melaju ke perempat final," demikian laporan Reuters.

Copa America 2024 bakal berlagsung nyaris sebulan penuh, dari 20 Juni hingga 14 Juli tahun depan. Sebanyak 14 venue dipersiapkan untuk menggelar semua pertandingan.

Banyak talenta hebat beradu di gelanggang. Kehadiran Lionel Messi masih menjadi magnet tersendiri. Jika tetap dalam keadaan fit, Messi diprediksi akan memimpin Argentina.

Hasil Undian Pembagian Grup Copa America 2024:

Grup A: Argentina, Peru, Cile, Kanada/Trinidad & Tobago

Grup B: Meksiko, Ekuador, Venezuela, Jamaika

Grup C: Amerika Serikat, Uruguay, Panama, Bolivia

Grup D: Brasil, Kolombia, Paraguay, Kosta Rika/Honduras

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement