Selasa 05 Dec 2023 10:05 WIB

3 Sosok Peraih Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia U-17 yang Kesulitan di Masa Dewasa

Alumni Piala Dunia U-17 kesulitan bersaing dengan lawan-lawan yang telah dewasa.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Selebrasi gol Jerman U-17 yang dicetak oleh striker Paris Brunner dari titik putih pada menit ke-64.
Foto: Dok. LOC WCU17BRY
Selebrasi gol Jerman U-17 yang dicetak oleh striker Paris Brunner dari titik putih pada menit ke-64.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Dunia U-17 adalah kejuaraan dua tahunan yang dapat melahirkan bintang-bintang muda masa depan. Indonesia dengan bangga menjadi kawah candradimuka bagi pemain-pemain muda masa depan setelah berhasil menggelar Piala Dunia U-17 2023. 

Jerman keluar sebagai juara setelah menaklukkan Prancis di partai final melalui babak adu penalti. Ini menjadi gelar perdana Jerman di turnamen dua tahunan ini sejak pertama kali digelar pada tahun 1985.

Baca Juga

Tapi di momen ini mereka berhasil mengawinkan gelar Piala Eropa U-17 dan Piala Dunia U-17 di tahun yang sama. Selain itu, penyerang sayap timnas Jerman U-17, Paris Brunner juga berhasil mengawinkan gelar pemain terbaik Piala Eropa U-17 dan Piala Dunia U-17.

Sebuah kebanggaan bagi masyarakat Indonesia jika Brunner bisa menjaga konsistensi sebagai yang terbaik di level yang lebih tinggi. Setidaknya masyarakat Indonesia pernah memiliki pengalaman menyaksikan permainan Brunner secara langsung saat mentas di Piala Dunia U-17 2023.

Namun, pada kenyataannya tidak semua pemain terbaik mampu menggaungkan namanya di level tertinggi. Beberapa dari mereka harus berjuang untuk melebarkan sayap. Berikut adalah pemain terbaik atau top skor Piala Dunia U-17 yang kurang terdengar di level senior:

 

1. Gabriel Veron

Gabriel Veron menjadi pemain terbaik Piala Dunia U-17 2019 setelah berhasil membawa Brasil menjuarai turnamen tersebut. Brasil keluar sebagai juara setelah menaklukkan Meksiko 2-1 di partai final. 

Perjalanan karier Veron dimulai saat bergabung dengan tim muda Palmeiras pada tahun 2017, dari tim lokal Santa Cruz de Natal. Pada bulan Juni tahun berikutnya, ia menjadi pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik Mundial de Clubes de La Comunidad de Madrid Sub-17, membantu skuad U-17 mengangkat trofi internasional pertama mereka.

Pada 14 November 2018, Veron menandatangani perjanjian profesional pertamanya dengan Verdão, hingga tahun 2021. Kira-kira satu tahun kemudian, setelah kembali dari tugas internasional, ia menyetujui pra-kontrak hingga tahun 2024, aktif pada ulang tahunnya yang ke-18.

Veron membuat debut tim pertamanya pada 28 November 2019, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua untuk Willian dalam kekalahan tandang 1-0 melawan Fluminense. Pada 5 Desember, setelah masuk hanya di babak kedua, dia mencetak dua gol dan memberikan assist kepada Dudu dalam kemenangan kandang 5-1 atas Goias; dengan melakukan itu, ia menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol untuk klub.

Dalam perjalanan Palmeiras untuk memenangkan Copa do Brasil pada tahun 2020, Veron mencetak satu-satunya gol pada tanggal 5 November dalam kemenangan kandang babak 16 besar atas Red Bull Bragantino pada debut Abel Ferreira sebagai manajer, dan lagi enam hari kemudian dalam pertandingan 3 –0 kemenangan perempat final atas Ceara.

Pada 30 November 2021, dengan Palmeiras menurunkan pemain muda segera setelah memenangkan Libertadores untuk ketiga kalinya berturut-turut, Veron mencetak gol untuk mengakhiri kemenangan 3-1 di Cuiaba dan dikeluarkan dari lapangan dengan kartu kuning kedua karena melepas bajunya.

Setelah tim memenangkan Campeonato Paulista 2022 melawan Sao Paulo, ia meraih enam gelar pada usia 19 tahun.

Pada 22 Juli 2022, Veron menandatangani kontrak dengan Porto dari Liga Primeira Portugal dengan biaya 10,25 juta euro. Dia melakukan debutnya delapan hari kemudian di Supertaca Candido de Oliveira, bermain di tiga menit terakhir dalam kemenangan 3-0 atas Tondela di Estadio Municipal de Aveiro.

photo
Gabriel Veron (tengah) tampak berjibaku dalam sebuah pertandingan ketika memperkuat FC Porto. - (EPA-EFE/TIAGO PETINGA)

Namun, sejak bergabung di klub Portugal tersebut Veron yang sudah bermain sebanyak 23 kali di semua kompetisi, masih belum berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

 

2. Kelechi Nwakali

Kelechi Nwakali dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia U-17 2015 setelah berhasil membawa Nigeria meraih gelar juara kelima dalam turnamen tersebut. Nigeria berhak mendapatkan gekar tersebut setelah menaklukkan Mali dengan skor 2-0 di partai final.

Nwakali memulai kariernya di Diamond Football Academy. Setelah penampilannya yang bagus di Piala Dunia U-17 2015, ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Utama Inggris Arsenal. Namun ia lebih banyak menghabiskan waktunya dalam masa pinjaman. 

Pada 16 September 2016, diumumkan bahwa Nwakali telah menandatangani kontrak dengan tim Eerste Divisie MVV Maastricht dengan status pinjaman untuk musim tersebut. Dia kemudian melakukan debut profesionalnya untuk tim pada hari yang sama melawan Jong Ajax. Dia masuk sebagai pemain pengganti Thomas Verheijdt pada menit ke-92 saat MVV menang 1-0.

photo
Kelechi Nwakali saat menerima trofi pemain terbaik Piala Dunia U-17 2015. - (EPA/MARIO RUIZ)

 

Pada 29 Agustus 2017, Nwakali bergabung dengan klub Belanda VVV-Venlo dengan status pinjaman selama 6 bulan pertama musim Eredivisie 2017-2018. Pada 10 September 2017 Nwakali mencetak gol pada debutnya di Eredivisie melawan FC Groningen, mencetak gol penyeimbang waktu tambahan dengan hasil imbang 1-1.  

Setelah kesepakatan pinjaman enam bulan awal berakhir, Nwakali memilih meninggalkan Venlo dan kembali ke MVV Maastricht untuk paruh kedua musim.

Nwakali kemudian menandatangani pinjaman untuk FC Porto pada 18 Juli 2018, dan ditugaskan ke Porto B menjelang musim LigaPro 2018-2019. Pada Maret 2019, dia terjebak di Nigeria karena masalah visanya. Pada 2 September 2019, Nwakali bergabung dengan tim Segunda División Spanyol SD Huesca dengan kontrak tiga tahun.

Setelah meninggalkan klub, dia berterima kasih kepada Arsenal atas waktunya bersama mereka, meski tidak tampil di tim utama. 

  1. Sempat terkenal lalu menghilang... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement