Rabu 29 Nov 2023 22:14 WIB

Radja Nainggolan: Lahir di Belgia, Menjulang di Italia, Kini Perkuat Bhayangkara

Bhayangkara FC akan mengontrak Radja Nainggolan pada sisa akhir musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Radja Nainggolan
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Radja Nainggolan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paruh kedua BRI Liga 1 musim ini akan diwarnai dengan kehadiran bintang baru. Adalah gelandang yang pernah memperkuat sejumlah klub raksasa Italia, Radja Nainggolan, akan berkiprah di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Tanah Air tersebut.

Nainggolan bakal memperkuat Bhayangkara FC pada paruh kedua BRI Liga 1 musim ini. Pemain yang bisa menempati sejumlah posisi di lini tengah itu akan membela The Guardian hingga akhir musim ini dengan opsi perpanjangan kontrak pada awal musim depan.

Baca Juga

Kehadiran pemain berusia 35 tahun itu diharapkan bisa mengangkat performa tim besutan Mario Gomez tersebut. Hanya mampu memetik satu kemenangan dari 20 pertandingan, The Guardian terpuruk di dasar klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 10 poin. Bhayangkara FC hanya mengoleksi nilai 10 atau terpaut 12 poin dari peringkat ke-15 yang menjadi posisi aman dari jeratan degradasi dari BRI Liga 1.

Buat Nainggolan, ini merupakan kesempatan pertama merumput di luar Eropa sejak memulai karier profesional pada 2005 silam. Pilihan untuk merumput Indonesia rasanya cukup masuk akal buat Nainggolan. Dengan nama belakang Nainggolan, pemain yang memulai karier profesional bersama Piacenza itu terbilang cukup populer di Indonesia.

Nainggolan adalan nama salah satu marga dari suku Batak, Sumatra Utara. Nama itu pula yang disematkan di belakang nama mantan eks gelandang AS Roma tersebut. Dalam tubuh Nainggolan mengalir darah Indonesia. Ayah Nainggolan, Marianus Nainggolan, merupakan orang batak yang menikah dengan perempuan asal Belgia, Lizy Bogaerts.

Nainggolan dilahirkan di Antwerp, Belgia pada 4 Mei 1988. Mulai tertarik bermain bola pada usia lima tahun, Nainggolan bergabung ke tim junior Germinal Beerschoft, sebuah klub di Antwerp Utara, dalam usia 15 tahun. Pada 2005, tepatnya saat berusia 17 tahun, Nainggolan memulai petualangannya di tanah Italia.

Nainggolan bergabung bersama tim junior Piacenza. Hanya setahun di Piacenza, yang kala itu merumput di Serie B, Nainggolan langsung dipromosikan ke tim utama. Nainggolan pun melakoni debut pada 2006 dan dipercaya secara permanen menghuni tim utama Piacenza pada musim berikutnya.

Mantan gelandang timnas Belgia...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement