Selasa 28 Nov 2023 17:16 WIB

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh 

Puasa ayyamul bidh menambah ketenangan hati.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi muslimah berpuasa
Foto: Dok Republika
Ilustrasi muslimah berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam dianjurkan menjalankan puasa sunnah ayyamul bidh pada 13, 14, 15 setiap bulan dalam kalender hijrah. Puasa sunnah ayyaamul bidh tanggal 13 ,14 dan 15 Jumadil awal 1445 H kali ini bertepatan pada Senin (27/11/2023), Selasa (28/11/2023) dan Rabu (29/11/23).

Seperti dikutip dari Catatan Fikih Puasa Sunnah, keutamaan puasa ayyamul bidh tergambarkan dalam hadits-hadits yang berbicara tentang keutamaan berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, di antaranya : 

Baca Juga

1. Nilainya seperti berpuasa setahun penuh.

Karena satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Tiga hari berpuasa sunnah berarti pahala tiga puluh hari (sebulan). Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

صَوْمُ ثلاثةِ أيامٍ صَومُ الدَّهرِ كُلِّه

“Puasa sebanyak tiga hari di setiap bulan pahalanya seperti puasa setahun penuh.” (HR Al Bukhari 1979).

2. Merupakan wasiat Rasulullah ﷺ kepada sahabat.

Abu Hurairah radhiyallahuanhu berkata,

أَوْصَانِي خَلِيلِي بثَلَاثٍ لا أدَعُهُنَّ حتَّى أمُوتَ: صَوْمِ ثَلَاثَةِ أيَّامٍ مِن كُلِّ شَهْرٍ، وصَلَاةِ الضُّحَى، ونَوْمٍ علَى وِتْرٍ

“Kekasihku (Rasulullah ﷺ) mewasiatkan padaku) kepadaku tiga amalan yang aku tidak akan meninggalkannya hingga mati; berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan shalat dhuha, melaksanakan shalat witir sebelum tidur.” (HR Al Bukhari 1178).

Semisal ini juga ada dari sahabat Abu Darda' radhiyallahuanhu riwayat Muslim (722).

3. Dapat menghilangkan beragam penyakit di hati, seperti hasad, dendam, dan waswas.

Rasulullah ﷺ bersabda,

صوم شهر الصبر وثلاثة أيام من كل شهر يذهبن وحر الصدر 

"Berpuasa pada bulan sabar (Ramadhan) dan tiga hari setiap bulan, bisa menghilangkan wahr di dada." - SHAHIH- (Shahih al-Mawarid, 785) (HR Ahmad 23070 dan Al Bazzar 1057)

Dalam An Nihayah (V/160) diterangkan bahwa makna wahr ialah tipu daya, dengki, dendam, dan waswas. Jadi, maknanya, puasa yang benar akan dapat menghilangkan penyakit-penyakit ini dari hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement