Ahad 26 Nov 2023 22:01 WIB

Bagnaia Pastikan Gelar Juara Dunia MotoGP 2023 Usai Martin Jatuh di GP Valencia

Bagnaia mempertahankan gelar juara yang diraihnya musim lalu.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo merayakan keberhasilannya menjuarai GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Ahad (26/11/2023). Kemenangan ini, dan gagal finisnya Jorge Martin, memastikan Bagnaia menjuarai MotoGP 2023, mempertahankan gelar yang diraihnya musim lalu.
Foto: EPA-EFE/BIEL ALINO
Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo merayakan keberhasilannya menjuarai GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Ahad (26/11/2023). Kemenangan ini, dan gagal finisnya Jorge Martin, memastikan Bagnaia menjuarai MotoGP 2023, mempertahankan gelar yang diraihnya musim lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Francesco Bagnaia resmi menjadi juara dunia MotoGP 2023. Gelar pembalap Ducati Lenovo ini dipastikan setelah rival terdekat Jorge Martin gagal melanjutkan balapan karena mengalami kecelakaan dengan Marc Marquez di GP Valencia. Bagnaia akhirnya juga menjadi yang tercepat.

Berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Ahad (26/11/2023) malam WIB. Bagnaia finis di urutan pertama dengan catatan waktu 40 menit 58,535 detik. Fabio Di Giannantonio membuntuti di posisi kedua dengan finis lebih lama hanya 0,176 detik. Johann Zarco di tempat ketiga, terpaut 0,36 detik.

Baca Juga

Sementara Jorge Martin harus menelan pil pahit setelah terlempar dari sirkuit usai mengalami crash dengan Marc Marquez pada lap kelima.

Seri MotoGP Valencia menjadi penentu dari perebutan gelar juara dunia. Martin terlihat tidak dapat menjaga emosi saat berada di atas roda dua.

Pembalap asal Spanyol itu langsung melesat setelah start dengan naik ke posisi kedua. Martin membuntuti Bagnaia yang memulai balapan dari posisi terdepan setelah Maverick Vinales terkena hukuman penalti.

Ketenangan Martin teruji. Sayang rider kelahiran Madrid 25 tahun lalu tidak terlihat tenang dalam melintasi balapan kali ini. Ia membuat kesalahan pada lap kedua.

Pembalap Pramac Racing melebar saat memasuki tikungan satu Sirkuit Ricardo Tormo dengan maksud melewati Bagnaia.

Kesalahan itu merugikan Martin, ia terperosok ke posisi tujuh. Bagnaia sendiri masih menempati posisi terdepan diikuti Brad Binder dan Jack Miller di posisi tiga besar.

Mujur tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Jorge Martin harus merelakan gelar juara dunia benar-benar jatuh ke tangan Bagnaia. Situasi itu terjadi ketika Martin mengalami kecelakaan yang membuatnya gagal melanjutkan balapan saat masih tersisa 22 lap.

Rider berjuluk Martinator bertabrakan dengan sesama pembalap asal Spanyol, Marquez yang membuat keduanya keluar dari lintasan. Martin mencoba untuk melewati Marquez dari bagian dalam, tetapi motor yang ditungganginya bertabrakan dengan Marquez saat coba keluar dari tikungan.

Mundurnya Martin dari lintasan Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, membuat mata pecinta MotoGP tertuju kepada Bagnaia. Publik Negeri Pasta tersenyum lebar mengingat sang rider kembali berhasil mengangkat gelar juara ke

Masuki setengah balapan setelah lap ke-11, sudah lima rider terjatuh. Mereka adalah Marco Bezzecchi, Marc Marquez, Jorge Martin, Enea Bastianini, dan Augusto Fernandez. Kebanyakan jatuh di turn 1.

Jack Miller jatuh di turn 10 pada lap ke-19. Miller yang sebelumnya sempat memimpin harus merelakan Bagnaia mengangkat trofi. Bagi Bagnaia, ini adalah gelar juara dunia kedua sekaligus mempertahankan titel MotoGP musim lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement