Jumat 24 Nov 2023 15:08 WIB

BRI Liga 1 2023/2024 Jadi Berkah Bagi Pelaku UMKM

Gelaran Liga 1 juga membantu pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Suporter Persija Jakarta saat memberikan dukungan di dalam stadion.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Suporter Persija Jakarta saat memberikan dukungan di dalam stadion.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Liga 1 2023/2024 tidak hanya menghadirkan pertandingan seru, tapi juga membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya. Hampir di semua pertandingan Liga 1 terutama di partai besar, penonton sudah pasti membeludak dan memberikan efek domino pada pengusaha kecil di sekitar stadion.

Contohnya pada pertandingan Persija Jakarta kontra Persikabo 1973 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis, 9 November 2023 lalu. Laga tersebut menjadi salah satu pertandingan besar atau bigmatch BRI Liga 1 2023/2024 yang sangat ditunggu-tunggu pendukung kedua kesebelasan dan pecinta sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Persaingan kekuatan sepak bola Jakarta dan Bogor itu memang sudah mengakar sejak lama. Namun, di balik keseruan laga tersebut, adapula pelaku UMKM yang mendapatkan berkah dari laga bigmatch BRI Liga 1 2023/2024 itu. Terdapat beberapa booth merchandise dari suporter Macan Kemayoran yang menjajakan atribut kebanggan klub di ring road Stadion Patriot.

Orange All Shop (OAS) menjadi salah satu booth merchandise yang ramai dikunjungi fan Persija Jakarta, yakni Jakmania. Muhammad Nursalim, salah satu staf OAS, mengaku mendapatkan pemasukan yang lebih dari biasanya saat berjualan di ring road Stadion Patriot.

Perlu diketahui, OAS merupakan salah satu toko resmi Jakmania. Mereka menjual produk-produk sendiri, seperti t-shirt, jaket, syal, dan produk ofisial Persija. Karena desain yang menarik dan juga menjual produk resmi Persija, OAS banyak diserbu oleh para fan Persija.

"Sangat lumayan, biasanya kita mendapatkan keuntungan sekitar Rp 3 sampai Rp 5 juta. Bahkan dulu pernah mencapai keuntungan sebesar Rp 7 juta. Ya, setiap pertandingan ada saja yang beli merchandise di OAS. Sangat membantu untuk pelaku usaha seperti kita," kata Nursalim dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Jumat (24/11/2023).

Selain merchandise, usaha makanan juga cukup laris saat pertandingan berlangsung. Toko Makan Kebab menjadi salah satu yang membuka kedai di saat pertandingan berlangsung. Makan Kebab mendapat keuntungan yang cukup saat ada pertandingan sepak bola.

"Ya, hasilnya lumayan untuk sekali pertandingan. Keuntungannya bisa lebih dari hari-hari biasa," kata Moch Zulfikri, pemilik Makan Kebab.

BRI selaku sponsor resmi Liga 1 2023/2024 senang dengan menjamurnya pelaku UMKM dari kalangan suporter. Hal ini menunjukkan bukan hanya peningkatan kualitas BRI Liga 1 2023/2024 secara kompetisi, melainkan juga bermanfaat bagi kalangan UMKM.

Hal ini tentu saja sejalan dengan komitmen BRI sebagai sponsor utama kompetisi untuk menciptakan kompetisi sepak bola yang terbaik dan menjadi pemersatu bangsa Indonesia dengan hastag #BolaPemerstuBangsa #BRIPalingBola. Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan BRI Liga 1 sukses menjadi penggerak perekonomian dan bahkan melahirkan efek bagi pelaku UMKM.

"Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan BRI Liga 1 berhasil menjadi motor penggerak ekonomi khususnya di industri sepak bola nasional serta UMKM yang terlibat dalam industri sepak bola," kata Sunarso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement