Kamis 23 Nov 2023 10:04 WIB

Erdogan Tolak Langkah Israel Pindahkan Penduduk Gaza ke Wilayah Lain

Erdogan menyebut Israel sebagai negara teroris.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Warga Palestina yang mengungsi akibat pemboman Israel di Jalur Gaza mengantri untuk mendapatkan air di kamp pengungsian PBB di kota selatan Khan Younis, Jalur Gaza, Ahad, (19/11/2023).
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Warga Palestina yang mengungsi akibat pemboman Israel di Jalur Gaza mengantri untuk mendapatkan air di kamp pengungsian PBB di kota selatan Khan Younis, Jalur Gaza, Ahad, (19/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki tidak dapat menerima kebijakan Israel untuk mendeportasi penduduk Jalur Gaza ke tempat lain, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Selasa (21/11/2023), dan menegaskan bahwa Israel adalah "negara teror," dengan kepemilikan senjata nuklirnya.

Serangan Israel di Gaza yang menewaskan lebih dari 13.500 warga Palestina menunjukkan 'wajah, niat, dan tujuan sebenarnya dari Israel', kata Recep Tayyip Erdogan dilansir Anadolu Agency

Baca Juga

"Kami tidak dapat dan tidak akan mentolerir kebijakan Negara Israel, yang telah berkembang dengan terus-menerus menduduki, merampas tanah dan membantai orang-orang yang tertindas, untuk membuat Gaza tidak berpenghuni," kata Erdogan pada Forum Bisnis Aljazair-Turki.

Erdogan melakukan kunjungan satu hari ke ibukota Aljir untuk bertemu dengan mitranya dari Aljazair, Abdelmadjid Tebboune, dan menghadiri pertemuan kedua Dewan Kerjasama Tingkat Tinggi Turki-Aljazair, di mana kedua presiden tersebut juga membahas serangan Israel yang sedang berlangsung di Gaza. 

"Serangan-serangan tersebut, di mana lebih dari 13.000 saudara-saudara kita di Palestina menjadi martir, sekali lagi mengungkapkan wajah, niat dan tujuan sebenarnya dari Israel dan para pendukungnya.

"Dalam hal ini, sangat penting bahwa kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh penguasa Israel tidak dibiarkan tanpa sanksi," kata Erdogan.

Semua negara yang "berhati nurani", bersama dengan Dunia Islam, memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa Israel tidak melakukan "kekejaman serupa" lagi, katanya, menekankan.

"Kita perlu mengetahui hal ini sekali dan untuk selamanya. Israel adalah negara teroris. Tidak perlu ragu untuk mengatakan hal ini. Ini adalah kebenaran yang kita ketahui. Inilah yang terjadi."

Israel dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu harus diajukan ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC), pengadilan yang berbasis di Den Haag, kata Erdogan. "Netanyahu sudah mati. Bahkan rakyat Israel tidak lagi mendukung Netanyahu," katanya.

Ia seraya menambahkan bahwa Turki tidak akan membiarkan isu senjata nuklir dan bom atom, yang keberadaannya dibantah oleh para menteri Israel, dilupakan "Israel, katakan apakah Anda memiliki bom atom atau tidak. (Mereka) Tidak bisa mengatakannya. Tapi lihat, kami mengatakannya. Israel, Anda memiliki bom atom

"Kami akan mengambil inisiatif di hadapan Dewan Keamanan PBB dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengenai masalah ini, yang mengancam keamanan seluruh wilayah, termasuk Türkiye," tambah Erdogan.

Israel telah melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober. Ribuan bangunan, termasuk rumah sakit, masjid dan gereja, telah rusak atau hancur dalam serangan Israel.

Blokade Israel juga telah memutus pasokan bahan bakar, listrik dan air ke Gaza dan mengurangi pengiriman bantuan menjadi sangat sedikit.

Erdogan mengatakan bahwa kontak dan kunjungan yang dipercepat baru-baru ini menambah momentum yang signifikan terhadap hubungan bilateral antara Turki dan Aljazair.

Volume perdagangan bilateral mencapai rekor 5,3 miliar dolar Al pada tahun 2022, katanya, menambahkan: "Mudah-mudahan, kita akan mencapai level 6 miliar dolar AS pada akhir tahun ini..jSekitar 1.400 perusahaan dengan mitra Turki yang beroperasi di Aljazair menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 5.000 warga Aljazair, katanya.

"Nilai pasar dari investasi perusahaan-perusahaan kami telah mendekati 6 miliar dolar AS. Dengan angka-angka ini, Türkiye adalah negara yang melakukan investasi paling banyak dan menyediakan lapangan kerja paling banyak di Aljazair, tidak termasuk minyak dan gas alam," kata Erdogan.

Türkiye juga senang dengan investasi Aljazair di negara ini, tambahnya, menekankan bahwa Ankara akan terus memberikan fasilitas yang diperlukan bagi warga Aljazair untuk meningkatkan investasi mereka di Türkiye.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement