Selasa 21 Nov 2023 11:31 WIB

Argentina Tandang ke Brasil, Scaloni Tetap Siaga Satu

Scaloni menilai Brasil tetaplah lawan hebat terlepas dari tren negatif mereka.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni
Foto: EPA-EFE/JUAN IGNACIO RONCORONI
Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Duel tim raksasa di kawasan Amerika Selatan (CONMEBOL) akan terjadi di partai keenam babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Kampiun Piala Dunia 2022, Argentina, akan melawat ke kandang peraih lima trofi Piala Dunia, Brasil, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Rabu (23/11/2023) pagi WIB.

Ini menjadi duel pertama antara kedua tim di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL. Dari lima pertandingan, Argentina masih memimpin klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL dengan raihan 12 poin. Albiceleste unggul dua poin atas Uruguay, yang duduk di peringkat kedua.

Baca Juga

Di sisi lain, Brasil justru tengah terpuruk di peringkat kelima klasemen sementara dan terpaut lima poin dari Argentina. Begitu perkasa dalam dua laga awal kualifikasi, Selecao malah hanya mampu memetik satu poin dari tiga laga terakhir dengan torehan satu hasil imbang dan dua kali kalah.

Bahkan, tim besutan Fernando Diniz itu menelan kekalahan di dua laga terakhir, tepatnya saat dibungkam Uruguay 0-2 dan dibekap Kolombia 1-2. 

Argentina dinilai bisa memanfaatkan keterpurukan Brasil ini. Apalagi, dalam lawatan terakhir ke Stadion Maracana, Argentina sukses mencuri kemenangan 1-0 pada 2021 silam. Kemenangan atas Selecao itu sekaligus mengantarkan Argentina merengkuh titel Copa America 2021. 

Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni paham tren menurun yang tengah dialami Brasil. Namun, pelatih berusia 45 tahun itu tidak mau menjadikan tren negatif Selecao tersebut sebagai acuan dalam mempersiapkan Albiceleste pada laga tersebut. Ia tetap siaga satu.

"Mereka relatif tengah terpuruk. Namun, Anda bisa melihat pada laga kontra Kolombia, mereka bermain dengan baik hingga menit ke-70. Kekalahan 1-2 itu adalah gambaran menyesatkan. Anda tidak pernah tahu, apakah mereka tengah berada dalam momen buruk atau momen bagus. Bagaimanapun, Brasil tetaplah Brasil, rasanya semua orang tahu apa artinya itu,'' kata Scaloni seperti dikutip Mundo Albiceleste, Selasa (21/11/2023).

Scaloni juga tidak mau terpengaruh dengan potensi absennya sejumlah penggawa andalan Brasil dalam laga tersebut. Vinicius Junior diragukan untuk tampil usai mengalami cedera hamstring kontra Kolombia. Brasil juga dipastikan tidak akan diperkuat Neymar yang mengalami cedera ACL dan Casemiro yang dibekap cedera hamstring.

"Mereka mungkin kehilangan sejumlah pemain andalan, tapi lihatlah tim mereka. Mereka semua pemain yang berada di level teratas. Mereka tetaplah tim besar dan selalu mengincar kemenangan. Kami tahu, tim dengan kualitas seperti apa yang akan kami hadapi di laga tersebut,'' tutur Scaloni.

 

Terlebih, Argentina...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement