Senin 20 Nov 2023 14:20 WIB

Messi Incar Gol Pertama ke Gawang Brasil di Kualifikasi Piala Dunia

Argentina akan menghadapi Brasil di Stadion Maracana.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Argentina Lionel Messi
Foto: AP Photo/Gustavo Garello
Penyerang Argentina Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi masih memiliki beberapa rintangan yang harus dipecahkan dalam sepak bola. Salah satunya akan terjadi pada Rabu (22/11/2023) pagi WIB saat Argentina mengunjungi Brasil dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan.

Messi (36 tahun) telah mencetak 31 gol untuk Argentina dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia, tapi tidak satu pun dari gol-gol tersebut tercipta ke gawang Brasil, baik kandang maupun tandang. Ia telah mencetak lima gol ke gawang sang rival, semuanya dalam pertandingan persahabatan.

Baca Juga

Konfederasi sepak bola Brasil mengatakan bahwa seluruh 69.000 tiket untuk pertandingan di Stadion Maracana telah terjual. Kedua tim akan bermain setelah kekalahan di babak sebelumnya; tim tuan rumah kalah 2-1 di Kolombia dan sang juara Piala Dunia dikalahkan di kandang sendiri dengan skor 2-0 oleh Uruguay.

Banyak penggemar Brasil yang ingin menonton Messi dalam pertandingan yang dapat menjadi pertandingan terakhirnya di Rio de Janeiro, bermain untuk Argentina. Di arena yang sama, sang bintang kalah di final Piala Dunia 2014 dari Jerman dan mengalahkan tuan rumah dalam penentuan Copa America 2021.

Argentina memimpin grup kualifikasi Amerika Selatan yang beranggotakan 10 tim dengan 12 poin dari lima pertandingan. Uruguay berada di urutan kedua dengan 10 poin. Kolombia mengoleksi sembilan dan Venezuela delapan. Brasil akan menjamu sang juara Piala Dunia di posisi kelima, dengan tujuh poin. Ekuador, Paraguay, dan Cile masing-masing memiliki lima poin. Bolivia memiliki tiga poin dan Peru satu poin.

Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada akan diikuti oleh 48 tim, yang berarti enam tim teratas dari Amerika Selatan akan lolos langsung. Tim yang berada di peringkat ketujuh akan mendapatkan tempat di playoff antarbenua.

BRASIL vs ARGENTINA

Optimisme sangat kurang di Brasil, yang kalah dalam dua pertandingan terakhirnya dan sedang berjuang di bawah asuhan pelatih baru, Fernando Diniz. Kekalahan atas Argentina dapat menjadi kekalahan pertama bagi tim ini di pertandingan kandang kualifikasi Piala Dunia, dan tuan rumah akan kehilangan beberapa pemain untuk pertandingan tersebut.

Carlos Augusto kemungkinan akan menjadi starter sebagai bek kiri untuk pertama kalinya, Jesus akan menggantikan peran Vinicius Júnior yang sedang mengalami cedera di lini depan dan pemain muda yang penuh sensasi, Endrick, kemungkinan akan bermain pada babak kedua.

Pemain berusia 17 tahun, yang akan bergabung dengan Real Madrid tahun depan, berbicara dalam satu konferensi pers mengenai harapannya untuk bermain melawan Messi untuk pertama kalinya.

"Bagi saya, Pele adalah raja dan tidak ada yang bisa mendekatinya. Messi sangat fenomenal, yang terbaik di dunia, dan saya ingin menikmati bermain melawan dia, seorang yang hanya saya lihat di video game," ujar sang striker. "Saya lebih merupakan penggemar Cristiano Ronaldo, tetapi akan sangat menyenangkan melihat Messi dari dekat."

Argentina akan tiba di Brasil pada Senin dan melakukan sesi latihan terakhir untuk pertandingan di Buenos Aires. Pelatih Lionel Scaloni tidak berbicara setelah latihan Ahad, dan melakukan sebagian besar latihan secara tertutup.

Angel di Maria, Nicolas Gonzalez dan Leandro Paredes bersaing untuk mendapatkan tempat di lini tengah dan Lautaro Martínez, yang tidak mencetak gol untuk tim nasional dalam 14 pertandingan sebelumnya, dapat menggantikan posisi Julián Álvarez di lini depan.

Pada hari Selasa, Paraguay akan menjamu Kolombia; Uruguay akan menghadapi Bolivia; Ekuador akan menjamu Chili; dan Peru akan menjadi tuan rumah melawan Venezuela. Babak ketujuh dan kedelapan kualifikasi Amerika Selatan akan berlangsung pada September 2024 setelah Copa America edisi berikutnya di Amerika Serikat. 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement