Selasa 14 Nov 2023 16:36 WIB

Ormas Islam: Boikot Walt Disney yang Jelas Dukung Israel

Walt Disney terang-terangan membantu Israel.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Boikot Disney yang Jelas Dukung Israel. Foto:   Boikot produk Israel dan pro-Israel
Foto: DBS
Boikot Disney yang Jelas Dukung Israel. Foto: Boikot produk Israel dan pro-Israel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Banyak perusahaan hiburan asal AS yang mendukung secara terbuka tindakan Israel bahkan menggelontorkan jutaan dolar untuk mereka tak terkecuali Walt Disney yang film dan produk mainannya digemari anak-anak. 

Sejak fatwa MUI terkait haramnya menggunakan produk Israel dan pendukungnya, maka perusahaan Disney pun tak terkecuali. Ketua Umum PB Al Washliyah KH Masyhuril Khamis menjelaskan dalam sebuah ayat Alquran surat An nisa ayat 76

Baca Juga

Allah berfirman,

{ ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ یُقَـٰتِلُونَ فِی سَبِیلِ ٱللَّهِۖ وَٱلَّذِینَ كَفَرُوا۟ یُقَـٰتِلُونَ فِی سَبِیلِ ٱلطَّـٰغُوتِ فَقَـٰتِلُوۤا۟ أَوۡلِیَاۤءَ ٱلشَّیۡطَـٰنِۖ إِنَّ كَیۡدَ ٱلشَّیۡطَـٰنِ كَانَ ضَعِیفًا }

Orang-orang yang beriman, mereka berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan ṭagūt, maka perangilah kawan-kawan setan itu, (karena) sesungguhnya tipu daya setan itu lemah.

Dalam tafsir Jalalain disebutkan bahwa yang dimaksud walinya syaitan adalah mereka yang mendukung perbuatan syaitan. 

Maka setiap yang mendukung perbuatan tercela, itu sama tercelanya. 

"Sehingga kitapun wajib untuk memperlakukan mereka dengan perlakuan yang sama. Jika kita memboikot Israel maka perlu untuk memboikot para pendukungnya juga,"ujar dia kepada Republika.co.id, Selasa (14/11/2023).

Karena produk Disney banyak terkait dengan konsumsi anak-anak, maka orang tua perlu memberikan arahan yang tepat.

"Anak-anak dalam batasan usia tertentu maka bisa langsung diarahkan tanpa harus memberi tahu mengapa harus melakukan ini dan itu secara mendalam. Langsung carikan saja alternatif tontonan lain yang tidak terafiliasi kepada Israel,"jelas dia.

Sedangkan jika anak tersebut sudah bisa diajak diskusi maka ada baiknya dijelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka. Sehingga muncul dalam dirinya rasa kepedulian yang melahirkan keberpihakan. 

Dan itu justru akan mengajari dirinya rasa peduli. Anak akan terbiasa menghindari sesuatu yang sebenarnya dia suka. Namun karena bertentangan dengan hati nurani mereka maka tetap akan dihindari. Ini bagus untuk pendidikan karakter anak. 

Ketua Umum Persis KH Jeje Zaenudin mengatakan perusahaan yang jelas- jelas mendukung dan membantu negara Zionis Yahudi maka harus tegas juga kita memboikotnya. 

"Sadarkan para pembelinya atau para pelanggan dan konsumennya bahwa dengan kita memakai produk mereka berarti kita telah bersaham ikut memperkuat kejahatan mereka kepada rakyat Palestina, berarti tanpa kita sadari kita telah ikut membantai saudara sendiri dengan tangan tangan zionis Yahudi," jelas dia.

Sebelumnya Dalam situs resmi perusahaan The Walt Disney Company mendonasikan dua juta dollar AS kepada organisasi yang memberikan bantuan kemanusiaan di wilayah Israel.

Chief Eksekutif Disney Robert A. Iger mengatakan Hamas telah menargetkan orang-orang Yahudi di Israel akhir pekan lalu. Dia mengajak seluruh pegawai untuk membantu warga Israel yang terkena dampak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement