Senin 06 Nov 2023 13:24 WIB

Ada Orang Indonesia Dukung Israel, Ini Kata Ketum Persis

Aksi Israel bertentangan dengan konstitusi Indonesia.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Pengunjuk rasa menginjak bendera Israel dan foto Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat aksi bela Palestina di Medan, Sumatera Utara, Jumat (27/10/2023). Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dan dukungan kepada rakyat Palestina dalam menghadapi konflik.
Foto: Antara/Yudi
Pengunjuk rasa menginjak bendera Israel dan foto Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat aksi bela Palestina di Medan, Sumatera Utara, Jumat (27/10/2023). Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dan dukungan kepada rakyat Palestina dalam menghadapi konflik.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di tengah warga Indonesia berdiri membela kemerdekaan Palestina, masih ada segelintir orang yang justru menyalahkan pendukung Palestina bahkan membela Israel.

Ketua Umum Persis KH Jeje Zaenudin mengaku heran masih ada warga Indonesia yang mendukung Israel dengan segala kekejamannya.

Baca Juga

"Kita sangat heran, bagaimana ada orang Indonesia yang pro Israel dengan segala kekejamannya. Kewajiban mengutuk Israel itu, bukan karena perbedaan keyakinan agama, tetapi karena amanat konstitusi dan juga nilai nilai kemanusiaan,"ujar dia kepada Republika.co.id, Senin (6/11/2023).

Selama Zionis Israel masih menggempur bangsa Palestina, marilah kita senantiasa terus berempati dan simpati membela perjuangan rakyat Palestina dengan mendukung kebebasan bangsa Palestina dan memberikan infak terbaik

Kehadiran Persis pada aksi kemarin adalah sebagai bentuk kepedulian dan cinta kita kepada rakyat Palestina yang saat ini sedang dizalimi oleh Zionis Israel. Sesungguhnya Islam mengajarkan kita, apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terasa sakit.

"Tidaklah beriman seseorang dari kalian sehingga dia mencintai untuk saudaranya sebagaimana dia mencintai untuk dirinya sendiri," kata dia.

Sekali lagi, Ketua Umum PP Persis mengajak seluruh umat Islam terus mendukung perjuangan dan kemerdekaan rakyat Palestina. Selama kekejaman masih berlangsung, selama itu pula perjuangan kita mendukung dan membantu rakyat Palestina belum berakhir.

Sebagai bentuk dukungan kepada Palestina Persis terus hadir dan aktif dalam aksi aksi solidaritas untuk Palestina. Bantuan kemanusiaan berupa dana pun terus digalang dan telah diserahkan secara bertahap.

"Untuk aksi aksi massa, Persis juga telah melakukan di berbagai daerah di Jawabarat, Sumut, Aceh, DKI, dan Banten. Di Jawabarat bahkan diagendakan sampai ke tingkat kecamatan setiap pekan ada kegiatan aksi solidaritas secara bergantian,"ujar dia.

Salah satunya Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS). Pasalnya, selama periode 2021-2023 telah berhasil menghimpun dana sebesar 10 Milyar untuk membantu rakyat Palestina.

“Saya mengucapkan alhamdulillah, karena penghimpunan dana kemanusiaan LAZ Persis telah menyentuh angka 10 Milyar,” ujar dia.

Penyaluran dana kemanusiaan untuk Palestina yang dikelola oleh LAZ PERSIS, tahun 2021-2023 telah disalurkan secara bertahap.

“Penyalurannya, dalam bentuk makanan, sembako, obat-obatan, pakaian, Gaza Relief (kebutuhan rumah), ambulance, pembangunan sumur bor air minum, kaffalah buat santri di rumah tahfidz serta santunan buat ganda dan anak yatim di wilayah Gaza,” ujar Kyai Jeje.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement