Sabtu 04 Nov 2023 16:10 WIB

TNI akan Siapkan RS untuk Pasien Palestina

TNI akan siapkan RS untuk pasien rakyat Palestina.

Rep: Eva Rianti/ Red: Muhammad Hafil
Petugas TNI AU membawa kotak sumbangan yang akan dikirimkan ke warga Palestina di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu (4/11/2023).
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Petugas TNI AU membawa kotak sumbangan yang akan dikirimkan ke warga Palestina di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyatakan komitmen untuk terus membantu rakyat Palestina yang tengah mengalami krisis perang di Gaza. Di antara upaya yang dilakukan ialah menyiapkan rumah sakit (RS) TNI untuk memberikan bantuan medis bagi para korban perang. 

“Saya sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina,” kata Prabowo usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga

Prabowo mengatakan terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk bisa secara berkelanjutan memberikan bantuan kepada rakyat Palestina. Terutama koordinasi yang intens dilakukan dengan Pemerintah Mesir.

“Kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, utama Mesir dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban-korban yang bisa kita evakuasi,” ungkap Prabowo.

Prabowo melanjutkan, selain itu, pihaknya juga bakal mengirimkan kapal RS ke Palestina. Hal itu bisa segera direalisasikan jika telah mendapatkan izin dari Pemerintah Mesir.

“Kemudian juga kita akan koordinasi dengan pihak Mesir, TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit,” kata Prabowo.

Diketahui, bantuan kemanusiaan yang dilepas untuk rakyat Palestina pada hari ini merupakan bantuan tahap pertama. Presiden Jokowi menyebut, bantuan dari Indonesia untuk tahap selanjutnya sedang dalam proses persiapan.

Pada tahap pertama, Indonesia mengirimkan bantuan seberat 51 ton yang diterbangkan dengan tiga pesawat. Dua pesawat diantaranya yakni pesawat Hercules C-130 milik TNI AU menuju Mesir yang akan didistribusikan ke Gaza.

Barang-barang yang dikirimkan ke Gaza meliputi berbagai kebutuhan para korban perang. Mulai dari bahan makanan, alat medis, kebutuhan sandang, obat-obatan, hingga barang-barang logistik.

Prabowo menyatakan berkomitmen bahwa pihaknya akan terus mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina yang tengah mengalami krisis perang saat ini. “Terus-menerus kita kirim bantuan,” tegasnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement