Rabu 25 Oct 2023 15:52 WIB

Aji Santoso Akui Tren Negatif Pengaruhi Psikis Para Pemain Persikabo

Persikabo 1973 tercatat menjalani 10 laga terakhir tanpa kemenangan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, yang kini menangani Persikabo 1973.
Foto: dok LIB
Mantan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, yang kini menangani Persikabo 1973.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persikabo 1973 akan melakoni laga terakhir putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024 melawan Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Jumat (27/10/2023). Pelatih Persikabo, Aji Santoso, tidak memasang target muluk-muluk untuk laga tersebut.

Aji berharap setidaknya Laskar Padjajaran bisa memetik satu poin dari markas Barito Putera. Target yang dipasang oleh mantan pelatih Persebaya Surabaya itu tak terlepas dari situasi yang sedang dialami tim saat ini.

Baca Juga

Pelatih berusia 53 tahun itu mengakui rentetan hasil minor berdampak pada kondisi psikis anak asuhnya. Bagaimana tidak, kekalahan dari PSIS Semarang di laga terakhir, menggenapi catatan 10 laga tanpa kemenangan untuk Laskar Padjajaran.

Hal itu yang membuat posisi Persikabo 1973 masih terbenam di papan bawah. Persikabo terdampar di peringkat ke-17 dengan koleksi 10 poin. Untuk itu, Aji berharap tim asuhannya bisa membawa pulang paling tidak satu poin ke Kabupaten Bogor.

"Ini pertandingan terakhir, mudah-mudahan kita bisa mendapatkan poin, satu cukup, tapi kalau bisa tiga, meskipun berat," kata Aji seperti dilaporkan Liga Indonesia Baru, Rabu (25/10/2023).

Kemenangan terakhir yang diraih Persikabo adalah saat melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 4 Agustus 2023. Adapun sepuluh laga selanjutnya, Persikabo tampil buruk dengan hasil delapan kali kalah dan dua kali imbang. Wajar jika Laskar Padjajaran butuh motivasi lebih untuk bisa bangkit dari keterpurukan.

"Karena situasi dan kondisi psikis pemain memang belum pernah menang juga menjadikan suatu kendala," kata Aji.

Kendati demikian, situasi yang hampir sama juga menimpa Barito Putera dalam lima laga terakhir. Laskar Antasari hanya mengumpulkan tiga poin dari hasil tiga kali imbang dan dua kali kalah di lima laga terakhir. Tapi, Aji tetap melihat Barito sebagai tim kuat yang punya peluang masuk ke empat besar.

"Tetapi mudah-mudahan pertandingan terakhir kita bisa dapatkan poin. Barito sekarang tim bagus, mereka salah satu tim yang punya kesempatan lolos ke Championship Series," ujar Aji menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement