Rabu 25 Oct 2023 14:43 WIB

Prabowo Minta Maaf kepada Rakyat Jakarta karena Pawainya Bikin Macet

Ratusan pendukung Prabowo memadati area sekitar gedung KPU RI

Rep: Febryan A/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bacapres Prabowo Subianto menyapa pendukung saat pawai di depan Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Pasangan bakal capres dan bakal cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju tersebut mendaftarkan diri mereka sebagai peserta dalam Pilpres 2024.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bacapres Prabowo Subianto menyapa pendukung saat pawai di depan Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Pasangan bakal capres dan bakal cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju tersebut mendaftarkan diri mereka sebagai peserta dalam Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Jakarta karena pawai yang mengiringi kedatangannya menuju kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023), membuat jalanan macet. Apalagi, ratusan pendukungnya memadati area sekitar gedung KPU RI sehingga membuat sejumlah ruas jalan ditutup. 

"Kami mohon maaf kepada seluruh rakyat Jakarta, mungkin membuat macet karena antusiasme pendukung-pendukung kami pada siang hari ini," kata Prabowo saat konferensi pers usai dirinya dan Gibran Rakabuming Raka didaftarkan sebagai pasangan capres-cawapres di kantor KPU RI.

Kendati begitu, ketua umum Partai Gerindra itu tetap mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya yang telah mengiringi kedatangannya ke Kantor KPU RI. Dia lantas menyinggung bahwa dirinya mendatangi kantor KPU RI menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung produksi PT Pindad. 

"Kami sangat bangga bahwa kami diantar di atas mobil pertama buatan anak-anak Indonesia. Ini sebagai salah satu tanda bahwa koalisi kami bertekad untuk membawa Indonesia menjadi negara maju, negara makmur, negara yang rakyatnya sejahtera," ujar menteri pertahanan itu. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id saat kedatangan Prabowo-Gibran, memang tampak kedua tokoh tersebut menaiki rantis Maung dari Taman Suropati menunju kantor KPU di Jalan Imam Bonjol. Dari atas mobil tipe 4x4 itu, mereka tampak melambaikan tangan untuk menyapa ratusan pendukung yang telah menanti di depan kantor KPU RI.  

Rantis Maung berwarna hijau ala militer itu melaju masuk hingga ke halaman dalam Kantor KPU RI. Prabowo sesekali tampak mengangkat dua telunjuk tangannya ke udara sembari tersenyum.  

Selain Prabowo-Gibran, para ketua umum partai politik pendukung mereka juga menaiki Maung dengan pelat nomor bertuliskan 'Bangga Buatan Indonesia' itu untuk masuk ke halaman kantor KPU RI. Para ketua umum itu di antaranya Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Yusril Ihza Mahendra. Tampak pula Menteri Investasi Bahlil Lahadalia  

Sekitar pukul 11.41 WIB, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan dokumen fisik syarat pencalonan dan syarat calon pengusung Prabowo Subianto-Gibran kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Hasyim menyebut, berkas-berkas syarat pendaftaran Prabowo-Gibran sudah lengkap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement