Sabtu 21 Oct 2023 17:55 WIB

Di Hari Santri, Kiai Yahya Ajak Warga Hadir di Semiliar Selawat Nariyah

Gus Yahya sendiri tampak antusias menyimak perkembangan setiap mata acara

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menjawabnya dengan mengajak warga hadir dalam agenda Semiliar Selawat Nariyah.
Foto: dok Kemenag RI
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menjawabnya dengan mengajak warga hadir dalam agenda Semiliar Selawat Nariyah.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Peringatan dan perayaan Hari Nasional Santri (HSN) 2023, menyedot perhatian banyak pihak. Dari sejumlah klaster yang mengiringi HSN, antusiasme warga melimpah.

Menyaksikan hal ini, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menjawabnya dengan mengajak warga hadir dalam agenda Semiliar Selawat Nariyah.

Semiliar Selawat Nariyah, masuk dalam kategori acara yang diyakini akan memenuhi rasa lapar ruhaniyah warga. "Malam ini ba'da shalat isya' berjamaah, akan dilaksanakan pembacaan satu miliar Shalawat Nariyah," kata Gus Yahya--sapaan Ketua Umum PBNU, Sabtu (21/10) kepada pers di Surabaya.

Gus Yahya sendiri tampak antusias menyimak perkembangan setiap mata acara, hingga agenda tadi pagi, Jalan Sehat bersama jutaan warga di Jl Gebernur Suryo, Surbaya. Sejak memasuki Oktober 2023, banyak pihak mengangankan dan menginginkan Oktober menjelma Bulan Santri, sebagaimana Juni bulan Bung Karno dan Desember Bulan Gus Dur.

Gus Yahya memberi penekanan tersendiri untuk klaster selawat ini. "Semiliar Selawat Nariyah ini akan dilaksanakan oleh seluruh warga  Nahdlatul Ulama di seluruh daerah, utamanya juga adalah seluruh struktur NU di seluruh tingkat kepengurusan, Lembaga, Badan Otonom, Pondok Pesantren, dan seluruh unit bidang amaliyah NU, termasuk lembaga² pendidikan NU."

Setelah meninggalkan Satu Abad NU yang telah menjelma limpahan barokah bagi warga NU dan bangsa Indonesia dan memasuki abad kedua NU, Gus Yahya berharap, Semiliar Selawat Nariyah bisa menjadi pagar yang melindungi warga dan umat manusia. "Dengan pembacaan satu miliar Shalawat Nariyah ini, kita harapkan keberkahan dan kemaslahatan terlimpahkan kepada kita semua, Bangsa Indonesia," ujar Gus Yahya.

Atas dasar manfaat dan tradisi baik berselawat, maka Gus Yahya menganjurkan agar kegiatan ibadah yang menjadi salah satu agenda unggulan HSN 2023, diikuti oleh segenap warga nahdliyin dan segenap umat Islam. "PBNU menyerukan kepada seluruh warga NU dan juga seluruh umat Islam dari berbagai kalangan, untuk melaksanakan pembacaan Shalawat Nariyah ini," seru Gus Yahya.

"Kapan itu ? Ya hari ini, Sabtu, 21 Oktober 2023, dengan diawali Sholat Isya' berjamaah, untuk kejayaan negeri," ujar Gus Yahya. Untuk di Surabaya, kagiatan Semiliar Selawat Nariyah akan dilaksanakan di Masjid Al Akbar, Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement