Jumat 22 Sep 2023 21:49 WIB

Kemarau Panjang, Ribuan Warga di Selatan Sukabumi Sholat Istisqa

Sukabumi dalam beberapa bulan mengalami kekeringan dampak sudah lama tidak tak hujan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Warga mengikuti Shalat Istisqo untuk minta diturunkkannya hujan, (ilustrasi).
Foto: Republika/ N Riga Nurul Iman
Warga mengikuti Shalat Istisqo untuk minta diturunkkannya hujan, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ribuan warga di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi menggelar mengikuti sholat Istisqa di Lapangan Sepakbola Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Jumat (22/9/2023). Hal ini dilakukan untuk berdoa meminta turunnya hujan.

Sekretaris kecamatan Cisolok Okih Fajri Assidiq mengatakan, masyarakat cukup antusias mengikuti Sholat Istisqa. Langkah ini dilaksanakan jajaran forkompimcam bekerja sama dengan seluruh desa yang ada di wilayah serts melibatkan pelajar, mulai dari tingkatan SMP hingga SMA.

Baca Juga

''Alhamdulillah setelah sholat Jumat, digelar sholat Istisqa yang diikuti sebanyak 1.500 orang masyarakat dari berbagai wilayah yang ada di Kecamatan Cisolok,'' ujar Okih kepada wartawan. Maksud dan tujuan dilaksanakannya sholat ini untuk meminta hujan juga dalam rangka muhasabah atas nikmat, dan cobaan yang diberikan Allah SWT.

''Kami semua berdoa agar senantiasa diberikan perlindungan dan kesabaran, dijauhkan dari segala musibah dan segera diturunkan hujan,'' ungkap Okih. Gelaran shalat meminta turun hujan ini juga diharapkan sebagai sarana ilmu dan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan.

Okih menerangkan, wilayah Kecamatan Cisolok dalam beberapa bulan mengalami kekeringan dampak sudah lama tidak turun hujan. Meskipun begitu sejauh ini kondisi masyarakat belum mengalami kesulitan air bersih.

 

''Dampak kekeringan sebagian desa mengalami kesulitan air bersih, namun upaya sudah dilakukan jauh jauh hari dengan memperbaiki fasilitas sumber air bersih,'' cetus Okih. Upaya lain dengan pendistribusian air bersih bersama BPBD, PMI, Rumah Zakat bagi masyarakat yang kesulitan air bersih.

Menurut Okih, sejauh ini memang ada beberapa kampung di Cisolok yang kesulitan air bersih. Akan tetapi masih bisa tertangani dan berharap dengan sholat meminta hujan ini Allah SWT mengabulkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement