Jumat 22 Sep 2023 21:09 WIB

PSIS Semarang Amankan Tiga Poin Lawan Barito Putera

PSIS menaklukkan Barito Putera 1-0 lewat gol Carlos Fortes.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSIS Semarang memetik poin penuh saat menghadapi Barito Putera pada pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (22/9/2023) malam WIB. Carlos Fortes mencetak gol tunggal penentu kemenangan pada laga yang berakhir 1-0 untuk tim tuan rumah. 

PSIS naik ke posisi keempat klasemen BRI Liga 1 dengan nilai 21 dari 13 laga. Adapun Barito berada di posisi kelima dengan nilai 20.

Baca Juga

Jalannya laga

PSIS mendominasi penguasaan bola dalam lima menit pertama. Tim asuhan Gilbert Agius memainkan tempo cepat dengan serangan langsung ke pertahanan lawan. Kendati demikian, serangan yang dilancarkan oleh Mahesa Jenar belum berhasil menembus pertahanan Barito Putera. 

Peluang tercipta bagi PSIS di menit ke-12 saat Gali menerima umpan terobosan di sisi kanan serangan. Ia memiliki visi yang sangat baik untuk melepaskan umpan silang kepada Riyan yang siap berlari di sisi kiri. Namun Riyan sedikit terlambat untuk menyambut umpan Gali di depan gawang. Bola pun keluar lapangan. 

Gali lagi-lagi menciptakan situasi berbahaya bagi gawang Barito di menit ke-17. Penyerang asal Timor Leste itu lepas dari penjagaan lini belakang Barito, ia mengumpan kepada Fortes, tapi penyelesaiannya meleset di sisi kanan gawang. Semenit berselang, skema yang sama terjadi tapi Ega berhasil menepis sepakan Fortes.

Renan Alves melakukan penyelamatan penting untuk memblokir upaya dari Fortes di menit ke-31. Fortes memiliki peluang emas saat menerima umpan di kotak penalti. Namun penyerang berusia 28 tahun itu terlambat mengambil keputusan sehingga Renan berhasil mengagalkan upayanya.

Penyelamatan penting dilakukan Rizky saat menahan tandukan Makan Konate pada menit ke-43. Kedua tim gagal memetik angka di waktu yang tersisa. Skor sementara 0-0 hingga turun minum. 

Barito bermain lebih menekan pada babak kedua. Peluang dimiliki Bayu Pradana pada menit ke-50 saat melihat peluang untuk melepaskan tembakan jarak jauh menyambut bola liar di area pertahanan PSIS. Namun tembakan keras yang mengarah tepat ke gawang itu masih bisa diadang oleh Ega Rizky. 

Intensitas permainan yang ditunjukkan kedua tim semakin tinggi. Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh masing-masing tim tapi belum ada yang berbuah gol. Seperti peluang emaz dari Fortes berhasil diblokir Ega. Selain itu, Barito juga punya peluang saat Rizky meninggalkan gawang tapi bola berhasil diblokir di area pertahanan. 

Pada menit ke-63 Fortes melakukan percobaan placing ke tiang jauh, tapi belum menemui sasaran. Lima menit berselang, PSIS akhirnya berhasil membobol gawang Barito saat umpan dari Fortes diselesaikan oleh Septian David ke gawang. Namun gol dianulir karena David sudah berada dalam posisi offside.

Fortes berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-75. Gol berawal dari pergerakan Vitinho yang menerima umpan di sisi kiri serangan, ia kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti yang disambut dengan sepakan langsung ke gawang. Bola kejutan gagal diamankan Rizky, skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Barito berjuang untuk menyamakan kedudukan. Beberapa peluang mampu diciptakan tapi belum membuahkan hasil. Bola rebound yang disambut Konate pada menit ke-85 masih meleset di atas mistar gawang. 

Semenit kemudian, Wahyu Prasetyo hampir menggandakan keunggulan PSIS. Ia melakukan overlap saat serangan balik. Wahyu mengontrol bola dan berhasil mengecoh tiga pemain belakang Barito namun sepakannya ke gawang masih dapat diblokir oleh Rizky.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement