Jumat 22 Sep 2023 17:08 WIB

Persis Solo Bekuk RANS Nusantara FC di Sleman

RANS bermain dengan 10 orang sejak menit ke-73 setelah Marckho Sandi Merauje diusir.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Persis SoloRamadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Rans Nusantara Fancisco Pereira (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (22/9/2023). A
Foto: Antara/Hendra Nurdiansyah
Pesepak bola Persis SoloRamadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Rans Nusantara Fancisco Pereira (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (22/9/2023). A

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- RANS Nusantara FC gagal mengamankan poin saat menjamu Persis Solo pada laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (22/9/2023) petang. Pertandingan berlangsung sengit antara kedua tim. Persis Solo mencuri tiga poin dengan kemenangan 2-1 melalui gol David Roni dan Messidoro. 

Tambahan tiga poin membawa Persis melesat naik ke peringkat ke-6 klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 18 poin. Sementara RANS berada di posisi tiga dengan nilai 22 dari 13 laga.

Baca Juga

RANS mendominasi serangan sejak menit awal pertandingan. Tim berjuluk The Prestige Phoenix itu memang punya performa yang mengejutkan dan berhasil mengumpulkan 22 poin dari 12 laga terakhir. Peluang pertama dimiliki Evandro di menit ke-10 saat menerima umpan di tengah kotak penalti. Namun tandukannya masih meleset di sisi kanan gawang. 

Persis berhasil mencuri keunggulan lebih dulu di menit ke-20. David Roni Gonzalez lolos dari penjagaan saat menerima umpan tendangan bebas Messidoro di tengah kotak penalti. Ia mengontrol bola sebelum menyelesaikan tembakan ke sudut kanan bawah. Ini menjadi gol ke-18 Roni sejauh musim ini berlangsung. 

Keunggulan membuat permainan Persis semakin agresif. Tim berjuluk Laskar Sambernyawa beberapa kali membuat lini pertahanan RANS Nusantara FC kesulitan. Kombinasi serangan dari kerja sama antara Moussa Sidibe, Ramadhan Sananta dan Roni Gonzalez mampu menciptakan peluang tapi masih belum berbuah gol lainnya.

Peluang dari RANS tercipta di menit ke-38 saat Maruoka melepaskan tembakan dari tendangan bebas jarak jauh tapi masih membentur mistar gawang. Gelombang serangan susulan masih dilancarkan RANS tapi masih belum ada yang berbuah gol. Tim tuan rumah masih kesulitan menemukan celah untuk menyamakan kedudukan.

RANS akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-45 melalui gol dari Paulo Sitanggang, ia menerima umpan di mulut gawang dan menyelesaikan dengan sontekan kaki kiri. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Permainan kembali berjalan ketat di babak kedua. RANS menaikan intensitas serangan mereka, tapi Persis mampu bertahan dengan solid. Gelombang serangan yang dilancarkan RANS masih bisa dihentikan di area pertahanan Laskar Sambernyawa. 

Bahkan peluang dimiliki Ramadhan Sananta aaat menerima umpan di tengah kotak penalti RANS Nusantara di menit ke-58. Namun pergerakan Sananta mendapatkan gangguan dari Marckho Sandi yang membelokan laju bola. Itu pun hanya berbuah sepak pojok bagi Persis Solo. 

Peluang emas gagal dimanfaatkan oleh Messidoro di mulut gawang di menit ke-64. Itu tercipta dari pergerakan Roni yang menerima umpan terobosan di sisi kanan kotak penalti, setelah meliak-liuk mengecoh pemain belakang RANS, ia memilih mengumpan pada Messidoro. Namun sepakan Messidoro masih membentur pemain belakang dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Persis pun mengembalikan keunggulan di menit ke-70 melalui gol yang diciptakan Messidoro. Ia menerima umpan dari Sidibe di tengah kotak penalti, ia kemudian memilih menusuk ke dalam sebelum melepaskan tembakan ke gawang. Skor 2-1 untuk keunggulan Persis Solo. 

Wasit memberikan kartu kuning kedua kepada Marckho Sandi Merauje setelah ia dengan sengaja melakukan gerakan tambahan dengan menginjak Faqih yang sudah tergeletak di bawah. Meski kekurangan satu pemain, RANS hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Sayangnya dua kali peluang masih membentur tiang gawang. 

Tim tuan rumah terus berjuang untuk mencari gol penyama kedudukan. Meskipun hanya bermain dengan 10 orang, RANS masih mampu memberikan tekanan ke lini pertahanan Persis. Selain itu, The Prestige Phoenix juga bertahan dengan solid mengatasi gempuran serangan dari Persis. Laskar Sambernyawa akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement