Ahad 17 Sep 2023 17:16 WIB

Bantai Persebaya 3-0, Madura United Kokoh di Puncak Klasemen Sementara

Madura United kokoh di puncak klasemen dengan mengantongi 26 poin hasil dari 12 laga.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Madura United, Mauricio Souza.
Foto: vasconoticias.com.br
Pelatih Madura United, Mauricio Souza.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKALAN -- Madura United tampil impresif saat bertemu Persebaya Surabaya pada pekan ke-12 Liga 1 Indonesia musim 2023/2024. Bermain di depan pendukung sendiri, Laskar Sape Kerrab unggul 3-0 atas Bajul Ijo di Gelora Bangkalan Stadium, Ahad (17/9/2023) petang WIB.

Baru dua menit pertandingan berjalan, petaka menimpa kubu tamu. Bek Persebaya, Dusan Stevanovic, dianggap melanggar penggawa tuan rumah, Francisco Rivera, di area terlarang. Wasit menunjuk titik putih.

Baca Juga

Hugo Gomes dos Santos Silva alias Jaja yang menjadi algojo, menunaikan tugasnya dengan baik, dua menit berselang alias di menit keempat. Sepakannya tak mampu dihalau kiper lawan. Laga memanas sejak awal.

Bajul Ijo merespons. Pada menit kedelapan, anak asuh Josep Gombau mendapatkan peluang perdana. Tendangan bebas Ze Valente belum bisa dimanfaatkan rekan-rekannya secara efektif.

Persebaya meningkatkan agresivitas. Kubu tamu memainkan umpan kombinasi dari kaki ke kaki. Ada upaya untuk menaikkan kecepatan operan.

Pada menit ke-19, Madura United nyaris memperlebar jarak. Kali ini lewat sebuah serangan balik. Sayang, umpan tarik Junior Brandao lebih dekat ke arah kiper Bajul Ijo, Andhika Ramadhani.

Dua menit berselang, giliran Persebaya Surabaya mengancam. Kali ini melalui Paulo Victor dan Ze Valente. Penjaga gawang Madura, Wawan Hendrawan, sigap mengamankan areanya dari kebobolan.

Bola banyak berkutat di lini tengah. Terjadi serangkaian duel di sektor tersebut. Bajul Ijo mencoba lebih dominan.

Sebaliknya, Laskar Sape Kerrab lebih memilih menunggu, lalu memanfaatkan kesalahan operan lawan. Cara ini cukup efektif. Beberapa kali serangan balik Madura United dari sisi sayap, merepotkan pertahanan lawan.

Di sisa waktu yang ada, tak terlihat perubahan berarti. Skor 1-0 untuk keunggulan tim polesan Mauricio Souza, bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Madura United memperlebar jarak. Tepatnya di menit ke-48. Tendangan keras Lulinha membut jala Persebaya kembali bergetar.

Setelahnya, intensitas pertandingan meningkat. Tak ada opsi lain bagi tim tamu. Persebaya harus lebih gencar untuk keluar menyerang.

Tujuh menit menjelang waktu normal berakhir, justru tim tuan rumah menjauh. Kali ini lewat upaya Junior Brandao. Sepakan voli Brandao tak mampu ditepis kiper pengganti Bajul Ijo, Aditya Arya Nugraha.

Tak ada perubahan di sisa pertandingan. Madura United menjaga keunggulan 3-0 mereka. Hasil ini membuat Laskar Sape Kerrab kokoh di puncak klasemen sementara dengan mengantongi 26 poin hasil dari 12 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement