Kamis 07 Sep 2023 13:53 WIB

250 Masjid Inggris Buka Pintu untuk #VisitMyMosque Tahunan

Ratusan masjid di seluruh Inggris akan membuka pintunya bagi semua masyarakat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid-e-Taqwa yang berlokasi di Pleckgate Road, Blackburn, Inggris akhirnya membuka pintu untuk sholat berjamaah pertamanya. Bangunan yang dulunya merupakan Gereja St Chad berusia 150 tahun ini telah mengalami renovasi besar-besaran.
Foto: lancashire telegraph
Masjid-e-Taqwa yang berlokasi di Pleckgate Road, Blackburn, Inggris akhirnya membuka pintu untuk sholat berjamaah pertamanya. Bangunan yang dulunya merupakan Gereja St Chad berusia 150 tahun ini telah mengalami renovasi besar-besaran.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Ratusan masjid di seluruh Inggris akan membuka pintunya bagi semua kelompok masyarakat. Mereka percaya, dengan kegiatan ini akan menjadi momen penghubung tiap golongan.

Dalam agenda tahunan #VisitMyMosque ini, komunitas Muslim ingin menyambut tetangga mereka dari semua agama sekaligus membantu mereka untuk lebih memahami agama Islam.

Baca Juga

Dilansir di About Islam, Kamis (7/9/2023), acara tersebut direncanakan berlangsung pada 23-24 September 2023. Tercatat agenda ini akan melibatkan lebih dari 250 masjid di seluruh Inggris.

“Visit My Mosque Day adalah inisiatif nasional yang difasilitasi oleh Dewan Muslim Inggris, yang mendorong 250+ masjid di seluruh Inggris mengadakan hari terbuka untuk menyambut tetangga mereka dari semua agama dan tidak ada agama serta membangun jembatan antar komunitas,” tulis Dewan Muslim Inggris dalam sebuah pernyataan.

Tidak hanya itu, disampaikan pula bahwa masjid-masjid yang berada di Inggris telah mengadakan hari terbuka ini untuk komunitas lokalnya selama beberapa dekade. Inisiatif nasional #VisitMyMosque semula dimulai pada bulan Februari 2015, dengan sekitar 20 masjid berpartisipasi.

Diselenggarakan di bawah naungan Dewan Muslim Inggris (MCB), inisiatif terpuji ini pun terus berkembang. Hingga saat ini lebih dari 250 masjid berpartisipasi pada tahun lalu dan tahun ini.

Kini, anggota parlemen dan politisi disebut juga ikut mengambil bagian dalam inisiatif ini. Termasuk di dalamnya adalah perdana menteri Inggris, pemimpin oposisi, serta wali kota London.

Kegiatan yang sama sempat dilakukan juga di Jerman pada 2019. Tahun itu, sekitar 1.000 masjid disebut ikut menyambut masyarakat non-Muslim, dalam upaya menghilangkan stereotip dan mendorong saling pengertian.

Masjid Pusat Köln, masjid terbesar di Jerman di kota barat, dalam kesempatan itu berhasil menerima beberapa ratus pengunjung. Mereka diberi kesempatan untuk bertanya tentang Islam dan tradisi umat Islam.

DITIB, kelompok payung Muslim Turki yang mengelola masjid tersebut, menawarkan tur berpemandu bagi para pengunjung ke berbagai masjid di Berlin dan kota-kota lain. Diperkirakan 100.000 pengunjung diharapkan berpartisipasi di tahun itu.  

Sumber:

https://aboutislam.net/muslim-issues/europe/in-more-than-250-mosques-uk-muslims-prepare-for-annual-visitmymosque-day/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement