Kamis 24 Aug 2023 22:37 WIB

APSESI Selenggarakan Konferensi Internasional dan Serah Terima Jabatan Pimpinan

APSESI mendorong anggota untuk kerja sama dengan berbagai kampus di luar negeri.

Binti Nur Asiyah menerima jabatan ketua umum Asosiasi Program Studi Ekonomi Syariah Indonesia
Foto: APSESI
Binti Nur Asiyah menerima jabatan ketua umum Asosiasi Program Studi Ekonomi Syariah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Asosiasi Program Studi Ekonomi Syariah Indonesia (APSESI) yang didukung oleh UIN KH Saifuddin Zuhri Purwokerto Jawa Tengah menyelenggarakan dua agenda strategis pada Kamis (24/8/2023). Pertama adalah konferensi internasional. Kedua adalah serah terima jabatan kepada pengurus baru. 

Konferensi internasional mengupas isu ekonomi syariah, perbankan syariah, zakat, dan wakaf. Lokasinya di Hotel Luminor Purwokerto. Acara ini menghadirkan narasumber Almir Colan dari AUSCIF (Australia). Dia mempresentasikan Islamic Economy & Finance. Narasumber kedua adalah Prof Mohammad Hakimi Mohd Shafiai yang berbicara tentang The Malaysia’s Islamic Economic Development form the early stage to the currenct growth: From the relation between state and market perspective

Baca Juga

Kegiatan ini didasarkan pada Surat Undangan dari Asosiasi Program Studi Ekonomi Syariah. APSESI melayangkan undangan tentang FGD yang ditujukan kepada program studi ekonomi syariah di bawah naungan PTKIN untuk hadir pada kegiatan tersebut sebagai sarana untuk pengembangan ekonomi syariah secara global.

Kegiatan APSESI mendorong anggota untuk kerjasama dengan berbagai kampus di luar negeri. Kegiatan ini bermanfaat bagi akreditasi program studi ekonomi syariah dalam mewujudkan peran serta dan keluasan tridharma perguruan tinggi bagi program studi, tidak saja hanya dalam lingkup nasional melainkan lingkup internasional. 

Selain pokok Kerjasama internasional, APSESI melaksanakan FGD terkait dengan kelembagaan internal. Sambutan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KH Saifuddin Zuhri Purwokerto bahwa kehadiran asosiasi ini penting untuk menghadirkan kelembagaan prodi ekonomi syariah yang unggul sebagai peningkatan kualifikasi pengelolaan program studi. 

Berikutnya dilangsungkan pembahasan Anggaran Dasar APSESI dengan memperbaharui masa kepengurusan yang sebelumnya masa kurun 1 tahun menjadi 2 tahun. Saat itu pula diberlangsungkan secara aklamasi menerima laporan dari kepengurusan APSESI yang dibentuk di UIN Salatiga setahun silam di bawah kepemimpinan Dr Fahriansyah, MA Keberhasilan internal dan capaian-capain selama satu tahun diantaranya berbagai kegiatan akademik, menyatukan program studi ekonomi syariah untuk menyelenggarakan perjanjian kerja sama antarprogi ekonomi syariah, pembuatan Kartu Tanda Anggota sebagai bukti keanggotaan asosiasi.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan pemilihan ketua umum baru, melalui usulan mayoritas audiens dan disepakati secara aklamasi Dr Binti Nur Asiyah, MSi yang juga koordinator program studi ekonomi syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pada periode sebelumnya menjabat sebagai pengurus bidang Pengabdian Kepada Masyarakat pada konsorsium AFEBIS Ekonomi Syariah. Konsorsium ini pada akhirnya melembagakan diri menjadi APSESI. Selain terpilih ketua umum, juga memilih sekretaris umum (Dewi Laela Hilyatin, SE, MSI (UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto) yang pada periode sebelumnya sebagai Bendahara I. Selain itu terpilih Bendahara Umum (Mukhlishotul Jannah, SE, MM, MAk dari UIN Banten) pada periode sebelumnya sebagai sekretaris II. Bertiga memiliki tugas untuk melengkapi kepengurusan untuk selanjutnya diamanahkan untuk dilakukan pelantikan oleh pengurus AFEBIS yang membidani kelahiran APSESI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement