Ahad 20 Aug 2023 21:05 WIB

Persib Bandung Bungkam Sembilan Pemain PSIS

Dua penalti Marck Klok amankan kemenangan Persib atas PSIS.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
PSIS Semarang vs Persib Bandung
Foto: Dok Republika
PSIS Semarang vs Persib Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persib Bandung membawa pulang tiga poin saat bertandang ke markas PSIS Semarang dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2023/2024. Persib menang 2-1 lewat gol penalti atas sembilan pemain PSIS di Stadion Jatidiri, Semarang, Ahad (20/8/2023) malam.

PSIS tertahan di peringkat enam dengan nilai 14. Adapun Persib naik ke posisi 14 dengan nilai 11 berkat tambahan poin ini.

Baca Juga

Tim tuan rumah dalam performa yang cukup baik dengan menempati posisi keenam klasemen sementara dengan torehan 14 poin dari delapan pertandingan. Laskar Mahesa Jenar ingin mempertahankan catatan positif mereka.

Tanpa membuang-buang waktu, PSIS menunjukkan permainan agresif sejak menit awal pertandingan.  Dua peluang tercipta di tiga menit pertama. Tendangan selamat datang dilepaskan oleh pemain PSIS tapi Fitrul melalukan penyelamatan penting untuk mengagalkan peluang tersebut.

Sementara itu, Persib tampak kesulitan di delapan menit pertama dengan gelombang tekanan yang diberikan tim tuan rumah. Maung Bandung baru memiliki percobaan pertama ke gawang yang dilakukan Ezra Walian pada menit kesembilan melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih meleset dari sasaran.

Pelanggaran dilakukan Gali di area terlarang kepada Daisuke Sato di menit ke-22. Wasit langsung mengganjar kartu kuning dan memberikan hadiah penalti kepada Persib. Marc Klok menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tembakan ke sisi kanan gagal diprediksi Adi Satryo. Skor 1-0 untuk Persib. 

PSIS terus menyerang tapi masih belum berhasil memecah kebuntuan. Skil dan tekanan yang ditunjukkan Taisei Marukawa dan Gali Freitas ke gawang Persib masih dapat dibendung di area pertahanan. Belum ada peluang ke gawang hingga menit ke-40.

Pada menit ke-42, Luthfi Kamal mendapatkan kartu kuning kedua. Situasi ini semakin menyulitkan bagi PSIS saat mereka dalam posisi tertinggal. Tapi tidak ada perubahan angka hingga turun minum. Skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Persib.

Keunggulan jumlah pemain membuat Persib bermain lebih agresif, membalas gelombang serangan dari PSIS di babak pertama. Peluang pertama ke gawang diciptakan Marc Klok dengan tendangan setengah voli di menit ke-49. Namun bola masih bisa diblokir Adi Satryo. 

Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-56. Gali Freitas menekan sendirian mencari ruang di depan kotak penalti sebelum melepaskan tembakan menyilang ke sudut kiri gawang. Tembakan kaki kirinya berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Tiga menit berselang Frets memiliki peluang untuk mengembalikan keunggulan Persib saat menerima umpan di sisi kiri kotak penalti. Ia melepaskan tembakan ke tiang dekat, tapi peluang itu masih dapat diblokir oleh Adi Staryo.

PSIS masih bisa menunjukkan permainan agresif meskipun bermain dengan sepuluh orang. Serangan datang dari sisi Taisei Marukawa juga Gali Freitas. Pada menit ke-67 Carlos Fortes dimasukkan untuk menambah daya gedor PSIS di lini depan.  Pada menit ke-76 peluang PSIS digagalkan oleh tiang.

Sejurus kemudian, Adi terpaksa melakukan pelanggaran keras untuk menghentikan peluang Arsan dari serangan balik. Kartu merah langsung diberikan kepada Adi. Kini PSIS bermain dengan sembilan orang.

Hadiah penalti diberikan kepada Persib di menit ke-90+1. Marc Klok kembali mengeksekusi tendangan penalti. Kiper kedua PSIS, Rizky Darmawan gagal menahan tendangan Klok yang mengarah ke sisi kiri gawang. Skor 2-1 untuk Persib bertahan hingga akhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement