Ahad 13 Aug 2023 22:56 WIB

Kursi Pelatih Timnas Italia Tiba-Tiba Ditinggalkan Mancini, FIGC Gelar Seleksi

Pengganti Mancini harus ada dalam beberapa hari ke depan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Roberto Mancini, resmi meninggalkan kursi pelatih Timnas Italia, Ahad (13/8/2023).
Foto: John Sibley/Pool Photo via AP
Roberto Mancini, resmi meninggalkan kursi pelatih Timnas Italia, Ahad (13/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Roberto Mancini resmi meninggalkan kursi pelatih Timnas Italia. Mantan pelatih Inter Milan itu memutuskan mundur dari jabatan sebagai pelatih kepala Gli Azzurri, yang telah diembannya sejak 2018 silam. Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pun telah menerima surat pengunduran diri pelatih berusia 58 tahun tersebut pada Sabtu (12/8/2023) waktu setempat. 

''FIGC telah menerima dan mencatat pengunduran diri Roberto Mancini dari pelatih Tim Nasional Italia, yang diterima selambatnya kemarin malam. Pengumumam ini langsung berlaku,'' tulis pernyataan resmi FIGC seperti dilansir SportMediaSet, Ahad (13/8/2023). 

Baca Juga

Dalam keterangannya, FIGC akan segera melakukan seleksi untuk mencari pengganti Mancini. Pelatih anyar Timnas Italia diharapkan sudah bisa diumumkan dalam beberapa hari mendatang. 

Langkah cepat FIGC ini tidak terlepas dari partisipasi Gli Azzurri di babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Kabar pengunduran diri Mancini terasa begitu mengejutkan. Pasalnya, kurang dari dua pekan silam, mantan pelatih Manchester City sebenarnya telah disertakan dalam rencana besar pengembangan pemain muda Italia, tepatnya di level usia U-20. 

Tidak hanya itu, Gli Azzurri sebenarnya tampil cukup baik di laga terakhir. Gli Azzurri mampu membungkam Belanda, 3-2, di babak penyisihan UEFA Nations League, akhir bulan lalu. Pada sepanjang 2023, Italia mengemas dua kemenangan dan dua kekalahan dari empat laga di semua ajang. 

Setelah dibungkam Inggris, 1-2, Italia membungkam Malta, 2-0, di babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Di dua laga berikutnya, tepatnya di lanjutan penyisihan Grup C babak kualifikasi Piala Eropa 204, pada awal bulan depan. 

Gli Azzurri dijadwalkan Makedonia Utara pada 9 September, dan diikuti laga kandang menghadapi Ukraina pada 12 September. Di klasemen sementara Grup C, Italia duduk di peringkat ketiga dengan koleksi dua poin dari dua laga. 

Saat ditangani Mancini, La Nazionale, julukan Italia, mencatatkan 37 kemenangan, 15 hasil imbang, dan sembilan kekalahan dari 61 laga di semua ajang. Keberhasilan membawa Italia merengkuh titel Piala Eropa 2020 menjadi prestasi terbaik Mancini sejak dipercaya menangani Gli Azzurri pada pertengahan Mei 2018 silam. 

Saat itu, Mancini dipercaya menukangi Gli Azzurri menyusul kegagalan Timnas Italia tampil di putaran final Piala Dunia 2018. Namun, Mancini juga ternyata gagal membawa La Nazionale tampil di putaran final, tepatnya di Piala Dunia 2022. Kala itu, Italia gagal dibekap Makedonia Utara, 0-1, di babak semifinal fase play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement