Jumat 11 Aug 2023 17:08 WIB

Liga 1: Bali United Bangkit Taklukkan 10 Pemain PSM Makassar, Spaso Jadi Pahlawan

Ilija Spasojevic yang masuk pada babak kedua mencetak dua gol untuk Bali United.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
Bali United vs PSM Makassar di Liga 1
Foto: Dok Republika
Bali United vs PSM Makassar di Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Bali United memanfaatkan keunggulan jumlah pemain saat menjamu PSM Makassar pada laga pekan kedelapan BRI Liga 1 2023/2024. Setelah sempat tertinggal 1-2, Bali United bangkit pada babak kedua untuk memetik kemenangan 3-2 atas PSM yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-30 pada laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (11/8/2023) petang.

Tambahan tiga poin membuat Bali United menempati puncak klasemen. Serdadu Tridatu mengoleksi nilai 14 dari delapan laga. Adapun PSM menempati peringkat delapan dengan nilai 11.

Baca Juga

Baru dua menit berjalan babak pertama tim tuan rumah Bali United hampir saja mencetak gol pertama melalui serangan balik yang dapat diambil oleh Sidik Saimima. Namun sayang, tendangannya masih bisa ditangakap kiper PSM Makassar Reza Pratama.

Tidak butuh waktu lama, menit kelima, gol pertama pun tercipta untuk tim tamu PSM. Tendangan keras kaki kiri Rizky Eka tidak bisa dijangkau kiper Bali United. Keunggulan sementara 1-0 untuk tim tamu PSM.

Gol penyeimbang pun tercipta untuk tim tuan rumah pada menit ke-12. Privat Mbarga lolos dari jebakan offside dan dengan tenang menaklukkan Reza Pratama. Kedudukan sementara imbang 1-1.

PSM kembali mendapatkan peluang di menit ke-17 setelah Dzaky Asraf menendang dari jarak yang cukup jauh. Naun bola masih melebar tipis di samping kanan tiang gawang Adilson Maringa.

Kartu kuning kedua untuk tim Bali United Kadek Arel di menit ke-18 setelah melanggar pemain PSM Adilson Silva di daerah yang cukup berbahaya.

PSM harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-29. Kartu merah diberikan kepada Safrudin Tahar setelah melakukan gerakan berbahaya kepada pemain Bali United Novri Setiawan.

Meskipun bermain dengan sepuluh pemain tim tamu PSM dapat kembali unggul pada menit ke-40. Gol kedua tercipta melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Yance Sayuri yang merobek gawang dari Adilson Maringa. Sampai empat menit waktu tambahan pada babak pertama berakhir, skor tak berubah 2-1 untuk keunggulan PSM.

Tiga menit babak kedua dimulai, Bali United langsung mendapatkan peluang setelah crossing dari Ricky Fajrin dapat diterima Jefferson. Namun sundulan Jefferson masih bisa ditangkap oleh Reza Pratama.

Pergantian pemain terjadi di tim Bali United yaitu Andika Wijaya digantikan Muhammad Rahmat dan Mohammed Rashid digantikan Ilija Spasojevic, sementara di tim PSM Makassar Adilson Silva digantikan Everton di menit ke-59.

PSM kembali mendaptkan peluang di menit ke-64 setelah Everton melepaskan crossing yang mengarah kepada Kenzo Nambu didepan gawang. Namun Novri Setiawan berhasil melakukan sapuan dengan baik yang menggagalkan kemungkinan terciptanya gol ketiga.

Serdadu Tridatu akhirnya bisa mencetak gol penyeimbang pada menit ke-74. Gol tercipta melalu tendangan pojok oleh Eber Bessa yang berhasil disundul oleh Ilija Spasojevic dan tidak terjangkau Reza Pratama. Kedudukan sementara  menjadi imbang 2-2.

PSM kembali mendapatkan peluang di menit ke-76 setelah Yakob Sayuri berhasil melewati empat pemain dari Bali United, tetapi sayang bola masih bisa di tepis oleh Adilson Maringa.

Sementara Andika Wijaya pemain Bali United harus mengalami cedera di menit ke-77, harus ditarik keluar dan digantikan oleh Ardi Idrus.

Keunggulan berbalik untuk tim tuan pada menit ke-85. Gol tercipta melalui crossing yang dilepaskan Muhammad Rachmat dan dapat di sundul dengan baik oleh Ilija Spasojevic. 

PSM kembali mendapatkan peluang di menit ke-89 setelah umpan dari Andy Hajirto berhasil ditendang mengarang gawang oleh Wiljan Pluim, tetapi masih bisa ditahan Adilson Maringa.

Sampai tujuh menit waktu tambahan babak kedua berakhir tidak ada gol tambahan lagi. Tim tuan rumah Bali United berhasil membalikan keadaan di babak kedua dengan skor akhir 3-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement