Jumat 11 Aug 2023 16:09 WIB

Survei UMM: Prabowo Unggul Atas Anies di Jatim

Popularitas Prabowo di Jatim juga mengungguli Ganjar dan Anies.

Tim Laboratorium Ilmu Politik UMM ketika merilis
Foto: Dok UMM
Tim Laboratorium Ilmu Politik UMM ketika merilis

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul telak jika berhadapan dengan capres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan. Keunggulan menteri pertahanan (menhan) tersebut di Provinsi Jawa Timur (Jatim) terekam jelas dari hasil survei Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) periode Juli 2023.

Survei diadakan menggunakan responden 800 orang dari 80 desa/kelurahan di 31 kota/kabupaten di Provinsi Jatim. Prabowo masih menjadi kandidat terkuat untuk dihadapi oleh Anies pada Pilpres 2024. Dalam hasil head to head dengan Anies, Prabowo meraih poin sebesar 66,63 persen. Sedangkan Anies hanya meraih dukungan sebesar 21,13 persen.

"Pak Prabowo dengan Anies, di sini Pak Prabowo masih jauh lebih unggul 66,6 persen dibanding 21,13 persen," kata Koordinator Tim Survei Laboratorium Ilmu Politik UMM Ruli Inayah Ramadhoan dalam Bincang Politik Nasional dan Rilis Hasil Survei Opini Publik di Jawa Timur, di UMM, Kota Malang, Kamis (10/8/2023)

Menurut Ruli, keunggulan Prabowo dibanding Anies juga terkait popularitas. Tingkat popularitas Prabowo mencapai angka 90,5 persen tertinggi pertama. Di posisi kedua, ada capres PDIP Ganjar Pranowo dengan 83,9 persen. Anies juga kalah eksis dibanding Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang berada di posisi ketiga dengan 79,6 persen.

Anies berada di posisi keempat dengan torehan poin 71,3 persen. Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Prabowo yang merupakan lawan politiknya di bursa capres 2024. "Dari beberapa nama yang disodorkan, ada Prabowo yang tertinggi kemudian Ganjar, Khofifah, dan Anies di posisi keempat," ucap Ruli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement