Kamis 03 Aug 2023 17:27 WIB

PSM Makassar Jadi Korban Comeback Persik Kediri

Padahal, PSM sempat unggul 1-0 pada babak pertama.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo BRI Liga 1.
Foto: Sepak Pojok
Logo BRI Liga 1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM Makassar kena comeback saat bertindak sebagai tuan rumah pada pekan keenam BRI Liga 1 2023/2024 menjamu Persik Kediri. Laga tersebut digelar di Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare, Kamis (3/8/2023) sore WIB. PSM sempat memimpin namun Persik mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Tim tuan rumah memimpin melalui tendangan penalti yang dieksekusi Yuran Fernandes di menit ke-27. Namun, Persik berhasil membalikkan keadaan melalui dua gol yang tercipta dengan selisih dua menit. Tambahan tiga poin membawa Persik Kediri naik ke peringkat ke-11 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan nilai tujuh poin.

Baca Juga

PSM langsung menggebrak pertahanan Persik Kediri di menit-menit awal pertandingan. Yakob Sayuri melepaskan tendangan selamat datang ke gawang Macan Putih saat laga baru berjalan satu menit, tapi arah bola masih meleset tipis di sisi kanan gawang Dikri Yusron. 

Kiper PSM Ardiansyah hampir melakukan kesalahan di areanya sendiri saat menerima operan balik dari Erwin Gutawa. Sapuan dari Ardi membentur pemain Persik, beruntung bola masih dapat kembali dikuasai. Persik juga memberikan beberapa tekanan.

Persik mendapat hadiah penalti di menit ke-14, Jefinho mengambil tendangan titik putih tapi peluang emas tersebut gagal dimaksimalkan oleh Jefinho. Tendangan penalti Jefinho gagal membobol gawang PSM. Percobaan juga dilakukan Pahabol di menit ke-15 melalui tembakan dari luar kotak penalti tapi masih meleset dari sasaran. 

PSM memimpin di menit ke-27 melalui penalti yang dieksekusi oleh Yuran. Skor sementara 1-0. PSM terus mendominasi penguasaan bola dan mencari tambahan gol untuk memastikan kemenangan mereka. 

Peluang kembali dimiliki Kenzo Nambu di menit ke-35. Tembakan meluncur saat menyambut umpan dari Yuran di kotak penalti. Namun, sontekan Kenzo masih meleset di sisi gawang. Tendangan Pluim di depan kotak pada menit ke-41 juga masih meleset di atas mistar. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk PSM.

Persik berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-52. Berawal dari tandukan yang diamankan dalam situasi tendangan sudut, bola rebound diterima oleh Bayu di luar kotak penalti. Ia melihat posisi kiper sebelum melepaskan tembakan ke sudut kanan bawah gawang. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Tak butuh waktu lama, hanya dalam waktu kurang dari dua menit, Persik berhasil membalikkan keadaan. Jefinho menerima umpan terobosan di kotak penalti, mempertahankannya dari gangguan pemain belakang PSM sebelum akhirnya melepaskan tembakan ke gawang. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Persik.

PSM memainkan tempo lebih cepat untuk mengejar ketertinggalan mereka. Di menit ke-65, Pluim langsung melepaskan tembakan dari sentuhan pertamanya saat berada lurus di depan kotak penalti. Namun, tembakan keras mendatarnya masih mengarah tepat ke kiper sehingga bola mampu diamankan Dikri dalam pelukannya.

Bola liar mengarah pada Victor di sisi kanan kotak penalti Persik dari pantulan umpan silang penyerang PSM. Ia berdiri bebas tanpa penjagaan dan lansung melepaskan tembakan pada sentuhan pertamanya, namum tembakan kaki kanan Victor terlalu lemah dan bisa diamankan dengan mudah oleh Dikri.

Pelanggaran dilakukan Vava kepada Adilson tak jauh dari kotak penalti di menit ke-88. PSM berpeluang menyamakan kedudukan melalui situasi tersebut. Namun, tendangan langsung Yuran masih membentur pagar hidup. Tidak ada perubahan di papan skor setelah tambahan waktu lima menit. Skor 2-1 untuk kemenangan Persik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement