Ahad 23 Jul 2023 23:51 WIB

TNI AL dan Angkatan Laut Italia Lakukan Latihan Bersama di Laut Jawa

TNI AL dan Angkatan Laut Italia latihan Passing Exercise

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Esthi Maharani
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Italia menggelar latihan Passing Exercise (Passex) bersama di perairan Teluk Jakarta
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Italia menggelar latihan Passing Exercise (Passex) bersama di perairan Teluk Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Italia menggelar latihan Passing Exercise (Passex) bersama di perairan Teluk Jakarta, Sabtu (22/7/2023). Kegiatan ini untuk memperkuat hubungan kerja sama antar Angkatan Laut kedua negara.

TNI AL mengerahkan kapal jenis korvet kelas Parchim yang berada dibawah komando Koarmada I , yakni KRI Cut Nyak Dien-375 dan KRI Wiratno-379 dalam latihan itu. Sedangkan Italia menerjunkan kapal perang jenis offshore patrol vessel ITS Francesco Morrosini.

"Passing Exercise (Passex) yang dilaksanakan di laut Jawa tersebut merupakan latihan yang dilaksanakan antara dua angkatan laut ketika kapal perang salah satu negara sahabat memasuki wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma Made Wira dalam siaran pers yang diterima Republika di Jakarta, Ahad (23/7/2023).

"Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerja sama antara dua angkatan laut dan membangun hubungan diplomasi," tambah dia menjelaskan.

Selain itu, dalam latihan tersebut juga dilaksanakan latihan Photo Exercise (Photoex), yaitu mengambil dokumentasi dari udara saat latihan manuver laut. Pesawat yang digunakan untuk latihan Photoex adalah pesawat udara patroli maritim P-8202 yang merupakan unsur TNI AL dibawah komando Koarmada I.

Adapun kapal perang kedua negara berlatih dengan menunjukkan kemampuan laut maupun udaranya. Dalam kesempatan ini, dilaksanakan juga serial latihan manuver taktis atau tactical manuvering (Tacman) dan farewell passing.

Sebelumnya, Wakil Kepala Angkatan Laut Italia, Vice Admiral Giuseppe Berutti Bergotto bertemu Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Jakarta beberapa waktu lalu. Keduanya membahas sejumlah kerja sama angkatan laut yang selama ini telah terjalin. Diantaranya kegiatan staff meeting untuk menginisiasi dibukanya navy to navy talks sebagai forum resmi membicarakan kerja sama berbagai bidang, seperti strategic overview, pertukaran informasi, pendidikan, kunjungan personel, kunjungan kapal serta latihan bersama antara TNI AL dan Italian Navy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement