Jumat 21 Jul 2023 12:12 WIB

Malaikat Beri Salam dan Shalawat Bagi Orang yang Sholat

Para malaikat sangat memuliakan orang-orang yang mengerjakan sholat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Malaikat Beri Salam dan Sholawat Bagi Orang yang Sholat. Foto:   Sholat Berjamaah (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Malaikat Beri Salam dan Sholawat Bagi Orang yang Sholat. Foto: Sholat Berjamaah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Para malaikat sangat memuliakan orang-orang yang mengerjakan sholat. Apalagi sholat yang dikerjakan di Masjid secara berjamaah. Para malaikat memberikan salam dan memohonkan ampunan bagi orang-orang yang sholat.

Sebagaimana disebutkan dalam kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi menukil sebuah riwayat yang menjelaskan bahwa malaikat selalu datang memberi salah bagi orang yang sholat. 

Baca Juga

قال جعفر بن علي: بلغني أنه يتصفحهم عند مواقيت الصلاة. ذكره الماوردي.

Ja'far bin 'Ali berkata, Aku diberitahu bahwa malaikat memberikan salam kepada mereka pada waktu-waktu sholat. Diceritakan Al Mawardi.

Selain itu dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad melalui jalur Abu Hurairah juga dijelaskan tentang para malaikat yang membacakan sholawat kepada orang-orang yang melakukan sholat di masjid. Rasulullah SAW bersabda: 

اَلْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِيْ مُصَلاَّهُ الَّذِي صَلَّى فِيْهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

Artinya: Para malaikat akan selalu bersholawat kepada salah seorang di antara kalian selama ia berada di masjid dimana ia melakukan sholat, hal ini selama ia wudhu’nya belum batal. (

para Malaikat berdoa: ‘Ya Allah, ampunilah ia, ya Allah, sayangilah ia.

Dalam redaksi hadits lainnya yang diriwayatkan Imam Ahmad melalui jalur Abu 'Abdirrahman disebutkan Rasulullah SAW bersabda: 

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا جَلَسَ فِيْ مُصَلاَّهُ بَعْدَ الصَّلاَةِ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ، وَصَلاَتُهُمْ عَلَيْهِ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ. وَإِنْ جَلَسَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ وَصَلاَتُهُمْ عَلَيْهِ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.

‘Sesungguhnya jika seorang hamba duduk di masjid setelah melaksanakan shalat, maka para Malaikat akan bershalawat untuknya, dan shalawat mereka kepadanya adalah dengan berkata: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.’ Jika ia duduk untuk menunggu shalat, maka para Malaikat akan bershalawat kepadanya, shalawat mereka kepadanya adalah dengan berdo’a: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement