Selasa 18 Jul 2023 10:55 WIB

Ingin Bernostalgia Budaya Sunda, Iwan Bule Sambangi Tokoh Jabar

Melestarikan budaya sunda melalui konsep wisata kuliner.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Mochamad Iriawan menyapa para relawan di Jawa Barat.
Foto: Dok. Republika
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Mochamad Iriawan menyapa para relawan di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Mochamad Iriawan menyapa para relawan di Jawa Barat. Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut, pada akhir pekan ini, menyambangi lokasi wisata kuliner milik salah satu tokoh kultural asal Jawa Barat, Eka Santosa yang merupakan mantan Ketua DPRD Jabar.

Eka Santosa, kini telah mendedikasikan diri sebagai pegiat lingkungan menjabat Ketua Forum Penyelamat Hutan Jawa. Iwan Bule mengatakan, dalam kunjungannya ke tempat wisata kuliner milik Eka Santosa, yakni Esa Coffe & Culture yang terletak di Cimenyan, Jawa Barat, membuat dirinya kembali bernostalgia saat menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat pada 2013 lalu. Kemudian, saat bertindak sebagai Pj Gubernur Jabar di tahun 2018.

Menurut Iwan Bule, wisata kuliner milik Eka Santosa yang menghadirkan nuansa arsitektur interior dan exterior budaya sunda mengingatkan kembali tentang segarnya cuaca yang dilengkapi indahnya panorama di bumi Pasundan. 

“Saya kalau berkunjung ke tempatnya Kang Eka ini nggak pernah bosan, betah (nyaman -red). Disini itu seperti di pedesaan, menghadirkan suasana healing yang luar biasa," ujar Iwan Bule yang memiliki kedekatan emosional dengan Eka Santosa. 

Iwan Bule pun tak segan menyanjung Eka Santosa selaku sahabatnya yang tak segan untuk melestarikan budaya sunda melalui konsep wisata kuliner yang dimiliki. Sebab, keberadaan Esa Coffe & Culture turut menjadi wisata edukasi. 

"Ini paten, bukti Kang Eka itu memang tokoh sunda sejati, mengajak pengunjung bisa mengenal nilai-nilai budaya sunda melalui konsep cafe miliknya," papar Iwan Bule. 

Sementara itu, Eka Santosa mengaku, senang atas kunjungan Iwan Bule ke tempat usahanya. Menurutnya, kehadiran lulusan tokoh Akademi Kepolisian 1984 itu membuktikan kecintaannya terhadap budaya sunda, khususnya Jawa Barat. 

"Terima kasih banyak Kang Iwan Bule untuk berkenan kembali main ke Cimenyan, ke Esa Coffee & Culture. Ini mah kehormatan pisan, bukti kecintaan Kang Iwan juga ke Budaya Jawa Barat,” kata Eka Santosa.

Eka mengatakan, melalui sosok Iwan Bule terdapat gambaran semangat yang mau mencurahkan dan berdedikasi untuk masyarakat Jawa Barat. Karena, menurut Eka, selama ini banyak sahabat-sahabatnya yang menanyakan sosok pemimpin Jawa Barat itu seharusnya seperti apa. Terutama saat menghadapi permasalahan seperti kerusakan lingkungan dan ketahanan pangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement