Kamis 13 Jul 2023 11:45 WIB

Innalillahi, Paman Ketum PBNU dan Menag KH M Makin Shoimuri Wafat

KH M Makin Shoimuri adalah putra ulama kharismatik asal Boyolali KH Shoimuri.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
 Ilustrasi Wafat
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Ilustrasi Wafat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu kiai di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) KH M Makin Shoimuri meninggal dunia, Selasa (11/7/2023) malam. Almarhum merupakan paman dari Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kabar duka ini disampaikan Ketua Lakpesdam PBNU KH Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil) dalam acara Halaqah Ulama Nasional dengan tema “Menyambut Peradaban Baru, Menguatkan Pesantren dan Revitalisasi Kitab Kuning” di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur, Rabu (12/7/2023) kemarin.

Baca Juga

Sejatinya, yang hadir ke acara tersebut adalah Kiai Yahya Cholil Staquf. Namun, menurut Gus Ulil, Gus Yahya minta diwakili lantaran pamannya meninggal dunia.

“Saya ingin menyampaikan salam dari Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf kepada seluruh yang hadir dalam halaqah pagi ini. Beliau tidak bisa hadir ke halaqah ini, karena paman beliau, Kiai Makin wafat hari ini,” ucap Gus Ulil.

Dia pun mengajak para tokoh dan kiai NU yang hadir dalam halaqah tersebut untuk membacakan dan menghadiahkan surat Al Fatihah kepada almarhum KH M Makin Shoimuri. Selain itu, Gus Ulil juga mengajak untuk mengirimkan Al Fatihah kepada Ketua RMI sebelumnya, KH Muhammad Dian Nafi yang meninggal dunia pada 1 Oktober 2022.

“Semoga arwah beliau berdua dilapangkan jalannya oleh Allah SWT,” kata Gus Ulil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yahya Cholil Staquf (@yahyacholilstaquf)

KH M Makin Shoimuri termasuk salah satu putra dari ulama kharismatik asal Boyolali KH Shoimuri. Kiai Makin adalah saudara kandung dari Nyai Muchsinah Cholil yang merupakan ibu kandung KH Yahya Cholil Staquf dan Yaqut Cholil Qoumas.

Kiai Makin telah dimakamkan pada Rabu (12/7/2023) di Rembang.  Melalui akun Instagram pribadinya, Kiai Yahya Cholil Staquf bersaksi pamannya memiliki kepribadian yang baik.

“Kami berduka teramat dalam atas wafatnya paman kami, Lik Makin, Kiai Makin Shoimori. Saya bersaksi Lik Makin adalah pribadi yang sangat baik,” jelas Kiai Yahya dalam deskripsi postingan akun @yahyacholilstaquf, Rabu (12/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement