Kamis 13 Jul 2023 12:30 WIB

Enam Surat dalam Alquran untuk Menangkal Sihir

Sejumlah surat dalam Alquran memiliki keutamaan untuk menangkal sihir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Enam Surat dalam Alquran untuk Menangkal Sihir. Foto: Ilustrasi: Alquran
Foto: Republika.co.id
Enam Surat dalam Alquran untuk Menangkal Sihir. Foto: Ilustrasi: Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah surat dalam Alquran memiliki keutamaan untuk menangkal sihir. Surat-surat tersebut telah diajarkan oleh para ulama untuk dibaca agar seorang Muslim terlindung dari sihir.

Anggota Fatwa Dar Al Ifta Mesir, Syekh Ahmad Wissam menjelaskan, sihir itu ada. Sihir juga merupakan bentuk rencana setan tapi rencana tersebut lemah.

Baca Juga

"Sihir itu ada tapi tidak akan bertahan selama bertahun-tahun. Untuk itu kita harus memohon perlindungan kepada Allah SWT," jelasnya, seperti dilansir Masrawy, Kamis (13/7/2023).

Islam telah memberi tuntunan bagaimana menangkal sihir. Syekh Wissam mengatakan, surat-surat dalam Alquran untuk menangkal sihir adalah Surat Al Fatihah, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas.

"Semua surat itu menangkal sihir. Dan ingat sihir itu sebenarnya lemah. Ayat-ayat dalam Alquran itulah yang menghapus sihir. Al Fatihah pun sudah cukup," jelasnya.

Mantan Mufti Mesir, Syekh Ali Jum'ah juga menjelaskan surat-surat dalam Alquran yang bisa dibaca untuk dijadikan sebagai benteng penangkal serangan setan dan jin.

Syekh Jum'ah menjelaskan, di antara surat-surat yang membentengi diri dari setan dan jin ialah Al-Qowaqul, yaitu lima surat dalam Alquran yang dimulai dengan kata 'Qul' (katakanlah). Lima itu yakni Surah Al-Kaafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, dan Al-Jin.

"Kata 'Qul' muncul dalam Alquran lebih dari 500 kali, tetapi surah-surah ini (lima surat tersebut) diawali dengan 'Qul'. Karena itu, Syekh Jum'ah menyampaikan, seorang Muslim tidak perlu pergi ke 'orang pintar' atau dukun atau sejenisnya untuk membentengi diri dari serangan setan dan jin.

Syekh Jum'ah juga menekankan, menghilangkan sihir dengan hal-hal yang disyariatkan tentu saja dibolehkan. "Menghilangkan sihir adalah perbuatan baik, bukan perbuatan buruk. Menghilangkan sihir, bila dengan cara ruqyah dan Alquran, maka itu dibolehkan untuk pengobatan diri sendiri atau untuk perlindungan diri," jelasnya.

Dari penjelasan tersebut, ada enam surat dalam Alquran yang bisa dibaca untuk menangkal sihir. Enam surat tersebut ialah, Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, Al Kafirun, dan Al Jin.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement