Selasa 11 Jul 2023 22:02 WIB

Dekat dengan Petani, Pengamat Nilai Prabowo Merakyat

Kesederhanaan, kesantunan, dan ketegasan menjadi daya tarik Prabowo Subianto.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Foto: Republika/Prayogi.
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disebut sebagai sosok yang merakyat. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai Prabowo merupakan sosok merakyat yang menjadikannya calon presiden (capres) teladan bagi kalangan milenial.

Ujang menyebut Prabowo juga dikenal memiliki sikap sederhana, tegas, dan santun. "Jadi dari situ, Prabowo Subianto disukai oleh kalangan milenial dan publik. Termasuk juga merakyat karena Pak Prabowo Subianto pernah menjadi Ketua HKTI, ya, artinya sudah dekat dengan rakyat juga dari dulu, dengan para petani atau kalangan grass root," ucap Ujang dalam keterangannya di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Dia menjelaskan, selain dekat dengan rakyat dari dulu, Prabowo yang memiliki latar belakang militer, juga menjadi figur yang dihormati oleh semua kalangan. Namun, kendati punya latar belakang militer, Prabowo juga terbukti memiliki kesederhanaan dan kesantunan yang mencuri perhatian kalangan muda dan milenial.

"Dengan ketegasannya, dengan kesederhanaannya, dengan kesantunannya itu, memiliki poin plus sendiri bagi Pak Prabowo Subianto," kata Ujang. Kesederhanaan, kesantunan, dan ketegasan yang direfleksikan Prabowo memang menjadi daya tarik yang kuat bagi para milenial untuk memilih menteri pertahanan andalan Presiden Jokowi pada Pilpres 2024.

Sosoknya yang saat ini berbeda jauh dibandingkan 2019, kata Ujang, juga menjadikan eks Pangkostrad tersebut menjadi teladan bagi semua lapisan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, Ujang meyakini, jika capres yang merakyat memang tersemat pada diri Prabowo.

"Jadi, ya, kalau dibilang sosok yang merakyat, mungkin itu ada tambahan lagi dari publik yang melihat bahwa Prabowo Subianto sosok merakyat, sebelumnya Prabowo Subianto terkenal dengan ketegasannya, kesederhanaan dan kesantunannya," ucap Ujang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement