Sabtu 08 Jul 2023 09:59 WIB

Orang Pertama yang Threads-nya Capai 1 Juta Followers

Orang ini memecahkan rekor tersebut hanya beberapa jam setelah Thread dilincurkan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aplikasi Threads (kiri). Youtuber Mr Beast menjadi orang pertama yang akun Thread-nya mencapai 1 juta followers.
Foto: AP Photo/Richard Drew
Aplikasi Threads (kiri). Youtuber Mr Beast menjadi orang pertama yang akun Thread-nya mencapai 1 juta followers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtuber Jimmy Donaldson yang lebih dikenal dengan nama MrBeast menjadi orang pertama yang memiliki satu juta pengikut di Threads. Aplikasi media sosial baru yang dibuat Meta untuk menyaingi Twitter itu mulai tersedia untuk diunduh pada 5 Juli 2023.

Dikutip dari laman Guiness World Records, Sabtu (8/7/2023), MrBeast memecahkan rekor jumlah pengikut itu hanya beberapa jam setelah peluncuran aplikasi. Mengetahui pencapaiannya, MrBeast berkomentar di postingan Guiness. "Sssttt, jangan biarkan polisi Twitter tahu saya selingkuh," tulisnya.

Baca Juga

Meskipun, secara teknis dia bukan akun pertama yang mencapai angka tersebut, tetapi masih merupakan akun milik perseorangan pertama. Akun lain yang menjaring jumlah sama yakni akun milik organisasi seperti Instagram dan National Geographic.

Biografi MrBeast di Threads bertuliskan "CEO Threads masa depan". Dia mendapatkan satu juta pengikut setelah membuat tiga unggahan. "Jadiiii, berapa lama sampai kita juga kecanduan aplikasi ini?" kata MrBeast di postingan status pertamanya, menyematkan singkatan tertawa terbahak-bahak.

MrBrast juga berseloroh dengan mengundang para penggemarnya untuk menyukai postingan jika menurut mereka Mark Zuckerberg dari Meta harus menjadikannya sebagai CEO aplikasi tersebut. "Saya merasa seperti selingkuh dari Twitter dengan menggunakan aplikasi ini," ujarnya.

Selain Threads, MrBeast memiliki banyak pengikut di semua saluran media sosialnya. Dia punya 38,5 juta pengikut di Instagram dan 165 juta pelanggan di Youtube. MrBeast memegang beberapa gelar Rekor Dunia Guinness. Termasuk, kontributor YouTube berpenghasilan tertinggi (saat ini) dengan 54 juta dolar AS (setara dengan Rp 818,73 miliar) yang dilaporkan pada 2021, serta Youtuber pria dengan subscriber terbanyak.

Sementara, aplikasi Threads disebut-sebut sebagai alternatif yang lebih ramah untuk menyaingi Twitter. Sejak diambil alih oleh miliarder Space-X, Elon Musk, banyak perubahan di Twitter yang membuat penggunanya keberatan.

Seperti Twitter, pengguna Threads dapat menerbitkan posting yang berisi teks, tautan, foto, atau video. Pengguna lain dapat menyukai, membalas, dan membagikannya kepada pengikut mereka.

Teks postingan dibatasi maksimal 500 karakter. Pengguna dapat masuk melalui Instagram, mengimpor gambar profil dan biografi dari aplikasi berbagi foto itu, serta mengikuti semua orang yang sudah mereka ikuti di Instagram dengan mengklik tombol.

Threads dikatakan dengan cepat menarik lebih dari 10 juta pengguna dari sekitar dua miliar akun Instagram yang tercatat. Pendiri Meta, Mark Zuckerberg (sekaligus orang kedua yang mencapai satu juta pengikut di Threads) menyampaikan maksudnya menggagas media sosial itu.

"Tujuannya adalah untuk tetap ramah saat berkembang. Saya pikir itu mungkin dan pada akhirnya akan menjadi kunci keberhasilannya," ujar Zuckerberg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement