Kamis 29 Jun 2023 08:53 WIB

Jokowi Harap Idul Adha Jadi Semangat untuk Maju

Jokowi menilai Idul Adha menjadi semangat untuk terus melangkah maju.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erdy Nasrul
Presiden Jokowi di acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPP Tahun 2022 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (26/6/2023).
Foto: Dok Rusman/Biro Pers Sekretariat
Presiden Jokowi di acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPP Tahun 2022 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (26/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut merayakan hari raya Idul Adha 1444 H pada Kamis (29/6/2023). Jokowi sendiri melaksanakan shalat Idul Adha di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta bersama masyarakat sekitar.

Dalam unggahannya melalui media sosial Instagram resmi miliknya, Jokowi mengatakan bahwa berkurban merupakan bentuk dari rasa syukur dan ikhlas atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Baca Juga

“Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT,” kata Jokowi dalam unggahannya.

Ia pun berharap momentum hari raya kurban ini bisa menjadi semangat untuk terus melangkah maju dengan rida dan perlindungan dari Allah SWT.

“Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya,” lanjut Jokowi.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, hari raya Idul Adha atau hari raya kurban yang diperingati oleh umat Muslim bukan semata-mata kegiatan rutinitas tahunan yang selalu dilakukan. Namun menurut dia, makna hari raya Idul Adha ini harus benar-benar dihayati masyarakat.

Hari raya Idul Adha, kata dia, mengajarkan masyarakat soal keikhlasan dan pengorbanan, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim untuk menjalankan perintah Allah SWT.

“Idul Adha mengajarkan keikhlasan dan pengorbanan seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim kepada anak kandung semata wayangnya Nabi Ismail demi menjalankan perintah Allah SWT,” kata Pramono, dikutip dari video yang diunggah melalui kanal Youtube Sekretariat Kabinet pada Kamis (29/6/2023).

Pramono pun mengajak masyarakat agar bisa meneladani tekad dan sikap Nabi Ibrahim untuk patuh menjalankan perintah Allah SWT demi meraih kebahagiaan dan kemuliaan hidup. Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan ucapan selamat merayakan hari raya Idul Adha 1444 H kepada seluruh umat Muslim di Tanah Air.

Pramono berharap, momentum perayaan Idul Adha ini bisa semakin menguatkan semangat pengorbanan masyarakat kepada bangsa dan negara. Sehingga Indonesia bisa menjadi lebih baik dan semakin maju.  

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H, semoga momentum ini menguatkan semangat pengorbanan kita kepada bangsa dan negara untuk Indonesia yang lebih baik dan Indonesia yang maju,” ujar Pramono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement