Friday, 13 Sya'ban 1445 / 23 February 2024

Friday, 13 Sya'ban 1445 / 23 February 2024

Manfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau, Bea Cukai Gelar Sosialisasi Rokok Ilegal

Rabu 17 May 2023 19:05 WIB

Red: Gita Amanda

Bea Cukai melaksanakan sosialisasi di bidang cukai sebagai bagian dari upaya penyebaran informasi dan pengetahuan serta untuk meningkatkan kepatuhan para stakeholders.

Bea Cukai melaksanakan sosialisasi di bidang cukai sebagai bagian dari upaya penyebaran informasi dan pengetahuan serta untuk meningkatkan kepatuhan para stakeholders.

Foto: Bea Cukai
Bea Cukai mengimbau masyarakat untuk tidak membeli dan memperjualbelikan rokok ilegal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bea Cukai melaksanakan sosialisasi di bidang cukai sebagai bagian dari upaya penyebaran informasi dan pengetahuan serta untuk meningkatkan kepatuhan para stakeholders. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan menggandeng pemerintah daerah dan merupakan bagian dari pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Kegiatan sosialisasi terkini diadakan oleh Bea Cukai Kudus, Bea Cukai Bogor, dan Bea Cukai Yogyakarta. Dalam setiap kesempatan sosialisasi, Bea Cukai mengimbau masyarakat untuk tidak membeli dan memperjualbelikan rokok ilegal. Sosialisasi yang rutin dilakukan Bea Cukai juga bagian dari upaya penegakan hukum di bidang cukai.

Baca Juga

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak memperjualbelikan rokok ilegal serta turut aktif dalam memberantas peredarannya,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan dalam siaran persnya.

Bea Cukai juga memaparkan ciri-ciri rokok ilegal dalam kegiatan sosialisasi antara lain rokok tanpa pita cukai, rokok dengan pita cukai bekas, rokok dengan pita cukai palsu, dan rokok dengan pita cukai bukan peruntukannya. Selain bagian dari penegakan hukum, DBHCHT juga dimanfaatkan di beberapa sektor lainnya.

“DBHCHT untuk daerah ditetapkan sebesar tiga persen dari penerimaan cukai hasil tembakau dalam negeri. Selain itu DBHCHT juga digunakan di bidang peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, dan pembinaan lingkungan sosial,” tambah Hatta.

Dalam kesempatan sosialisasi cukai, petugas Bea Cukai juga turut memaparkan cara mengidentifikasi pita cukai. Pada 2023, Bea Cukai mengangkat tema desain fauna endemik. Fauna endemik adalah hewan alami dengan ciri khusus tertentu yang mendiami suatu daerah. Fauna endemik yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, menjadi simbol kebanggaan dan jangkauan luas Bea Cukai dalam tugasnya melakukan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai di Indonesia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler