Selasa 16 May 2023 21:14 WIB

Yere/Pram Sempurnakan Raihan 4 Emas Indonesia di SEA Games 2023

Yere/Pram merebut kemenangan di final atas ganda putra Thailand, 21-17, 21-19.

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana (kiri) berpelukan dengan Yeremia Rambitan (kanan) setelah mengalahkan lawannya di SEA Games 2023 Kamboja.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana (kiri) berpelukan dengan Yeremia Rambitan (kanan) setelah mengalahkan lawannya di SEA Games 2023 Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH - Ganda putra Indonesia Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana menyempurnakan raihan empat emas beruntun pada laga final bulu tangkis SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/5/2023). Yere/Pram merebut kemenangan atas pasangan ganda putra Thailand Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul melalui dua set langsung 21-17 dan 21-19.

Pasangan ganda putra Indonesia tampil mendominasi dan unggul jauh di setengah babak pertama, menutupnya dengan skor 11-5. Yere/Pram tampil dengan tenang namun juga kuat dengan serangan-serangan taktis dan tepat sasaran.

Baca Juga

Ganda Merah-Putih sempat unggul jauh dari tim Thailand dengan selisih delapan poin. Namun, lawan mencoba memberikan tekanan dan mengejar ketertinggalan hingga akhirnya skor menyentuh 17-18.

Sukphun/Teeraratsakul pun menunjukkan penampilan yang cepat, memaksa Yere/Pram untuk bermain cepat dengan bola-bola yang banyak diletakkan di tempat-tempat sulit.

Pasangan Indonesia lalu mencoba untuk kembali tampil tenang dan sabar, hingga matchpoint diraih Indonesia, dan set pertama menjadi milik Skuad Garuda, 21-17.

Sempat tertinggal sementara 0-2 di set kedua, Yere/Pram mampu menyamakan keadaan dan membalik kedudukan 7-3.

Ganda putra Indonesia memaksa Thailand untuk mengembalikan dengan bola-bola pendek dan tricky. Interval di set kedua masih dimiliki Indonesia dengan skor 11-8 meskipun Thailand berupaya keras memberikan tekanan.

Sukphun/Teeraratsakul kembali berhasil menyamakan kedudukan dan menyalip Indonesia dengan skor 11-12. Namun, kerja sama solid Yere/Pram berhasil menyamakan kedudukan beberapa kali, hingga akhirnya wasit memberikan kartu kuning untuk Sukphun/Teeraratsakul di poin 14 sama.

Perebutan poin dan raihan poin-poin kembar pun semakin tak terelakkan. Namun, Yere/Pram memastikan kemenangan dan emas keempat untuk Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja setelah menang tipis 21-19 di gim kedua.

Secara total, bulu tangkis Indonesia telah menyumbangkan empat emas, dua perak, dan tiga perunggu di SEA Games 2023.

Empat emas masing-masing diraih oleh beregu putra, ganda campuran Rehan/Lisa, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma, tunggal putra Christian Adinata, dan ganda putra Yeremia/Pramudya.

Sementara, perak diraih oleh ganda putri Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose dan tunggal putra Chico Aura. Selain itu, perunggu diraih oleh tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, serta ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement