Rabu 03 May 2023 13:36 WIB

Merdeka Belajar Upaya Transformasi Pendidikan Madrasah

Merdeka belajar akan meningkatkan rasa ingin tahu dan eksplorasi siswa.

Suasana belajar di madrasah.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Suasana belajar di madrasah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Manado, Provinsi Sulawesi Utara terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui pelaksanaan program Merdeka Belajar di daerah tersebut.

"Melalui peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang mengusung tema 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar' diharapkan kualitas pendidikan semakin bermutu," kata Kepala Kantor Kemenag Manado Rogaya Udin di Manado, Selasa (3/5/2023).

Baca Juga

Semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengoptimalkan proses belajar mengajar sesuai dengan bakat dan minat siswa.

"Saya mengajak kepada seluruh kalangan pendidikan untuk bergerak bersama semarakkan Merdeka Belajar dengan terus berinovasi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan supaya anak didik kita dapat mencapai segala cita-citanya," ucap dia.

Ia menambahkan Merdeka Belajar merupakan langkah transformasi pembelajaran untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) supaya membentuk peserta didik yang berkompeten, memiliki kreativitas, berinovasi, dan berkarakter.

Tenaga pendidik pun, kata dia, harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, terbuka, dan mendorong kemajuan berpikir anak didik.

"Saya yakin dengan sinergi yang positif dari pendidikan di lingkup keluarga dan sekolah akan membentuk generasi bangsa yang unggul dan berkarakter mulia,? katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di daerah tersebut yang terlibat memajukan bidang pendidikan dengan segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian, dan perhatian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement