Ahad 30 Apr 2023 16:42 WIB

Indra Sjafri akan Evaluasi Tim Setelah Kemenangan 3-0 Vs Filipina

Sebelum melakoni laga kedua kontra Myanmar, timnas Indonesia akan melakukan evaluasi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengawasi latihan timnya di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Jumat (28/4/2023), jelang laga SEA Games 2023 Kamboja..
Foto: Dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengawasi latihan timnya di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Jumat (28/4/2023), jelang laga SEA Games 2023 Kamboja..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas sepak bola Indonesia U-22 Indra Sjafri memastikan akan mengevaluasi tim setelah memiliki data lengkap pertandingan dari tim analis. Meskipun kesulitan, tim Merah Putih pada akhirnya berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Filipina di laga perdana SEA Games 2023 Kamboja yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023) sore WIB.

Pelatih kelahiran Sumatra Barat itu mengakui tim asuhannya mengalami kesulitan di babak pertama. Rizky Ridho dkk butuh waktu lebih banyak untuk mengembangkan permainan dan baru berhasil memetik keunggulan di menit-menit akhir sebelum turun minum melalui gol yang dicetak oleh Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Setelah unggul satu gol, Indra melihat permainan di babak kedua berlangsung lebih baik. Hanya saja, Rizky Ridho gagal mengeksekusi penalti dan skuad Garuda Nusantara baru berhasil menambah keunggulan di menit-menit akhir sebelum peluit panjang berbunyi.

Indra mengakui perlu ada evaluasi dari permainan tim Merah Putih sebelum melakoni laga kedua melawan Myanmar pada 4 Mei 2023. "Besok tim performa atau penganalis kita akan mengirimkan report, dan setelah itu kita melakukan evaluasi," kata Indra, Sabtu (29/4/2023).

Mengenai kesulitan yang dihadapi timnas Indonesia selama pertandingan tersebut, Indra enggan menyalahkan siapa pun. Menurutnya tim Merah Putih telah berjuang dengan baik. Indra mengapresiasi penampilan Ilham Rio Fahmi dkk yang berusaha mengembangkan permainan dari waktu ke waktu pada laga pertama.

"Saya tidak akan menyalahkan pemain-pemain karena bagaimana pun setiap individu sudah memberikan kontribusi yang baik terhadap pertandingan, sehingga kita menang 3-0," kata Indra.

Timnas Indonesia U-22 untuk sementara menempati peringkat kedua di Grup A lantaran kalah selisih gol dari Kamboja yang menang 4-0 atas Timor Leste di partai berbeda. Selanjutnya, Marselino Ferdinand dkk akan menghadapi Myanmar pada laga kedua SEA Games 2023 Kamboja, Kamis (4/5/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement