Kamis 27 Apr 2023 22:22 WIB

Federasi Sepak Bola Brasil Beri Tenggat Waktu untuk Ancelotti

CBF meminta Ancelotti segera menjawab penawaran untuk menukangi Selecao.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti
Foto: EPA-EFE/CHEMA MOYA
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) masih menanti jawaban dari Carlo Ancelotti terkait kemungkinan menukangi Selecao. Namun, CBF dilaporkan telah memberikan tenggat waktu buat pelatih asal Italia itu untuk merespons soal tawaran ini.

Berdasarkan laporan Marca, CBF berharap sudah mendapatkan jawaban dari Ancelotti paling lambat pada 25 Mei 2023. Dengan begitu, pelatih anyar timnas Brasil memiliki waktu yang relatif panjang untuk mempersiapkan tim Selecao guna melakoni serangkaian laga uji coba pada Juni hingga Juli.

Baca Juga

''Tanggal 25 Mei adalah tenggat waktu yang ditetapkan Federasi Sepak Bola Brasil untuk menunjuk pelatih anyar Tim Selecao,'' tulis laporan Marca, Kamis (27/4/2023).

Pada 25 Mei 2023, Ancelotti diharapkan sudah bisa berpikir lebih jernih dan matang terkait keputusan untuk menangani Timnas Brasil. Pasalnya, pada saat itu, musim kompetisi sepak bola Eropa sudah berakhir. Sampai sejauh musim ini berjalan, Los Blancos masih memiliki peluang besar untuk bisa merengkuh gelar Copa del Rey dan juara Liga Champions.

Sebelumnya, Ancelotti memang digadang-gadang menjadi salah satu kandidat kuat pelatih anyar tim Selecao menyusul pengunduran diri Tite pasca gelaran Piala Dunia 2022. Saat ini, tim Selecao ditangani oleh pelatih sementara, Ramon Menezes.

Ancelotti sempat mengaku tersanjung dengan kabar ketertarikan CBF untuk bekerjasama dengan dirinya. Namun, Ancelotti menegaskan, fokus utamanya masih tertuju pada usaha membawa Los Blancos meraih prestasi pada akhir musim ini. Ditunjuk menukangi Los Blancos pada awal musim lalu, Ancelotti diketahui masih terikat kontrak bersama Madrid hingga 2024.

Kendati tidak menyebut secara spesifik nama Ancelotti, Presiden CBF, Ednaldo Rodrigues, sempat mengungkapkan, CBF akan memaksimalkan semua kemungkinan pada opsi pertama sebelum akhirnya beranjak ke opsi kedua dalam rencana perekrutan pelatih anyar timnas Brasil.

''Sebelum melangkah ke rencana B, Saya ingin benar-benar memaksimalkan semua kemungkinan pada rencana A. Kami memiliki komitmen kepada masyarakat, dan mesti mendengarkan semua masukan,'' tutur Rodrigues seperti dilansir Marca.

Apabila resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas Brasil, maka Ancelotti akan menjadi pelatih asing pertama dalam sejarah tim Selecao. Tidak hanya itu, tim Selecao juga akan menjadi tim nasional pertama yang ditangani pelatih berusia 63 tahun itu sepanjang karier kepelatihannya hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement