Kamis 27 Apr 2023 19:06 WIB

Guardiola: Kendali Perebutan Juara Liga Primer Inggris di Tangan Man City

Man City punya dua laga sisa lebih banyak dari Arsenal.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester City John Stones merayakan gol ke gawang Arsenal dalam pertandingan Liga Primer Inggris.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pemain Manchester City John Stones merayakan gol ke gawang Arsenal dalam pertandingan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola menegaskan, kendali perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini sudah berada di tangan The Citizens. Kemenangan 4-1 atas Arsenal oada Kamis (27/4/2023) dini hari WIB, menjadi momen penentu perebutan kendali tersebut.

Pada laga pada pekan ke-33 Liga Primer Inggris itu, The Citizens unggul via dua gol Kevin de Bruyne dan masing-masing satu dari John Stones serta Erling Haaland. Sementara gol semata wayang The Gunners dicetak oleh Rob Holding. Laga yang digelar di Stadion Etihad itu pun menjadi milik tim tuan rumah.

Baca Juga

Tambahan tiga angka The Citizens memangkas jarak poin dengan The Gunners di papan klasemen sementara. Juara bertahan Liga Primer Inggris itu tinggal terpaut dua poin dari Arsenal yang berada di puncak klasemen sementara. 

Meski masih tertinggal dua poin, City masih mengantongi dua sisa laga tunda. Dengan koleksi 73 poin, City baru tampil di 31 laga. Di sisi lain, The Gunners, yang terus memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris sejak paruh pertama musim ini, telah merumput di 33 laga dengan koleksi 75 poin.

Dengan begitu, The Citizens masih memiliki peluang besar untuk bisa mengambil alih peringkat teratas klasemen sementara. Tujuh laga terakhir City di pentas Liga Primer Inggris musim ini pun akan dimulai dari lawatan ke markas Fulham, pada akhir pekan ini.

Seraya menyebut City sudah memegang kendali perebutan gelar Liga Primer Inggris, Guardiola meminta anak-anak asuhnya untuk tidak kehilangan fokus dalam melakoni tujuh laga terakhir. Sorotan utama Guardiola tertuju pada tiga partai selanjutnya di Liga Primer Inggris.

Setelah bertandang ke markas Fulham, City dijadwalkan menjamu West Ham United, tengah pekan ini, dan akhirnya menerima lawatan Leeds United pada akhir pekan depan. Tiga laga ini, tutur Guardiola, menjadi krusial dalam menentukan akhir dari perjalanan The Citizens di liga musim ini.

''Kami tidak boleh kehilangan fokus. Kini, semuanya ada di tangan kami. Tiga laga berikutnya akan mendikte apakah kami bisa melakukan apa yang ingin kami lakukan. Faktanya, kami masih di belakang Arsenal. Tiga laga itu tidak akan mudah. Namun, kami akan melakoni dari laga ke laga dan lihat apa yang akan terjadi. Kami harus bisa menggunakan semua kendali yang telah didapatkan,'' kata Guardiola seperti dikutip BBC, Kamis (27/4/2023).

Apabila mampu memaksimalkan raihan poin dalam tujuh laga sisa, maka City bakal mampu mengambil alih puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris dari Arsenal. The Citizens pun bakal mempertahankan dominasi setelah menjadi yang terbaik empat kali dari lima musim terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement