Komisi I DPR RI Apresiasi Evakuasi WNI di Sudan Setara AS-Inggris

Gerak cepat evakuasi ratusan WNI dilakukan ketika terjadi gencatan senjata 72 jam.

Kamis , 27 Apr 2023, 15:01 WIB
Sebanyak 110 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan telah dievakuasi menggunakan pesawat milik TNI AU ke Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (26/4/2023).
Foto: Dok. Dispenau
Sebanyak 110 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan telah dievakuasi menggunakan pesawat milik TNI AU ke Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (26/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengapresiasi kinerja Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dalam proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Sudan yang setara dengan negara-negara maju, seperti Amerika Serikat (AS) hingga United Kingdom (Inggris)

"Kemenlu sebagai koordinator dalam evakuasi gelombang pertama 557 WNI dari Sudan menunjukkan kemampuan dalam perencanaan, pengelolaan, dan kemampuan diplomasi yang baik. Kinerja Kemenlu ini harus kita apresiasi," ujar Sukamta dalam keterangan resminya, Kamis (27/4/2023).

Ia mengungkapkan gerak cepat evakuasi ratusan WNI dilakukan ketika sedang terjadi gencatan senjata 72 jam di Sudan. Menurutnya, waktu dan prosesnya mirip dengan proses evakuasi negara-negara maju tersebut.

"Kemampuan Pemerintah Indonesia di luar negeri dalam menjaga keselamatan warga negaranya setara dengan negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jerman," ujar dia.

Hal ini, katanya, menunjukkan bahwa kemampuan dan diplomasi Indonesia, khususnya dengan Pemerintah Arab Saudi berhasil dan kuat. Sukamta sebagai perwakilan rakyat Indonesia mengucapkan terima kasih kepada semua Tim Evakuasi Kemenlu RI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang sudah menyiapkan segala hal mulai dari akomodasi dan kebutuhan logistik.

"Semoga WNI bisa segera pulang ke Indonesia dan bertemu dengan keluarganya dengan sehat dan selamat," harap Sukamta.Tidak lupa, ia berterima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah membantu proses evakuasi ini dengan baik. Adapun kerja sama ini diharapkan terus menguat dan bermanfaat di masa depan.Setelah semua semua WNI bisa di evakuasi, kata Sukamta, dirinya mendorong Pemerintah Indonesia untuk mengambil peran proses perdamaian Sudan karena Sudan memiliki historis panjang dengan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan.

"Banyak ulama Indonesia lulusan Sudan. Indonesia sebagai negara besar harus turut serta dalam proses penyelesaian konflik di Sudan," tutup dia.Sebelumnya, evakuasi WNI gelombang pertama terdiri atas 322 WNI laki-laki, 199 perempuan, dan 36 anak-anak menggunakan Kapal MV Amanah yang disediakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Para WNI diberangkatkan dari Port Sudan sehari sebelumnya dan memasuki wilayah Arab Saudi melalui Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah. Walaupun sempat terjadi insiden kecelakaan sebuah bus yang mengangkut WNI, secara umum evakuasi berjalan dengan baik.

Sumber : Antara