Kamis 13 Apr 2023 19:58 WIB

Juventus Berpotensi Dapatkan Hukuman Tambahan Akibat Skandal Laporan Keuangan

Juventus sebelumnya sudah mendapatkan pengurangan 15 poin.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
 Para pemain Juventus..
Foto: Marco Alpozzi/LaPresse via AP
Para pemain Juventus..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah penyelidikan skandal laporan keuangan Juventus berakhir, klub raksasa Italia itu kini tampaknya akan menghadapi sanksi berat jika keputusan Jaksa Penuntut Federal dikuatkan. Hal ini tidak merujuk pada penyelidikan Prisma terhadap penggelembungan biaya transfer pemain yang membuat pihak berwenang menyelidiki sejumlah transfer pemain, dengan keyakinan bahwa klub mendaftarkan angka-angka yang tidak realistis sebagai keuntungan yang diperoleh atau plusvalenza.

Dalam hal ini, Juventus telah mendapatkan pengurangan 15 poin di klasemen Serie A musim ini, dengan banding atas keputusan tersebut akan disidangkan pada 19 April di Collegio di Garanzia CONI.

Baca Juga

Namun, menurut kantor berita Italia ANSA, Bianconeri sekarang menghadapi tuntutan atas apa yang terjadi setelah klub mengumumkan bahwa para pemain akan kehilangan gaji mereka selama empat bulan selama puncak pandemi COVID-19.

Sebelumnya telah dituduhkan bahwa selama waktu itu, klub setuju untuk membayar pemain "di luar pembukuan" meskipun melaporkan dalam akun mereka bahwa skuad telah setuju untuk tidak dibayar.

Itu termasuk lebih dari 19.500.000 euro atau sekira Rp 327 miliar dalam bentuk gaji yang harus dibayarkan kepada Cristiano Ronaldo untuk musim 2020/21. Kantor Kejaksaan Turin percaya bahwa klub Italia itu secara pribadi setuju untuk membayarnya secara penuh.

Penyelidik bersikeras bahwa pada kenyataannya, skuad hanya menyerahkan satu bulan gaji dan menandatangani berbagai 'perjanjian rahasia' yang membuat para pemain menerima sisa uang yang terutang melalui cara lain.

Laporan dari ANSA tersebut di atas meyakini bahwa Jaksa Penuntut Giancarlo Chinè telah memberi tahu Juve bahwa mereka akan didakwa melanggar Pasal 4.1 dalam kode etik Asosiasi Sepak Bola Italia, yang mengacu pada permainan yang adil dalam olahraga.

Dengan klub sekarang diberi waktu 15 hari untuk menanggapi tuduhan tersebut, Juventus merilis pernyataan mereka sendiri, bersikeras bahwa mereka telah "beroperasi dengan kepatuhan penuh terhadap prinsip kesetiaan olahraga."

Pernyataan tersebut - yang dipublikasikan di situs web resmi Juve - kemudian menambahkan keyakinan mereka bahwa Laporan Keuangan Tahunan dari Juni 2022 dan Desember 2022 menunjukkan bahwa Juve "menerapkan standar akuntansi internasional yang relevan dengan benar."

Ada sedikit keraguan bahwa kasus ini bisa terbukti jauh lebih merusak daripada investigasi transfer pemain. Yang terakhir sulit untuk dibuktikan karena berkaitan dengan angka-angka sewenang-wenang yang harus disetujui oleh dua klub, dan pemain yang terlibat harus menyetujui transfer.

Juventus berada di peringkat tujuh di Serie A setelah hukuman penalti poin mereka, saat ini terpaut delapan poin dari tempat di Liga Champions. Mereka juga masuk ke perempat final Liga Europa di mana mereka akan menghadapi tim asal Portugal, Sporting, dalam dua leg untuk memperebutkan satu tempat di babak empat besar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement