Rabu 12 Apr 2023 20:45 WIB

Munchen Kutuk Aksi Pelecehan Rasial Terhadap Upamecano

Media sosial Upamecano dibanjiri oleh komentar rasialis setelah kekalahan Munchen.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Bek Bayhern Munchen Dayot Upamecano (kiri) menjaga penyerang Manchester City Erling Haaland.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Bek Bayhern Munchen Dayot Upamecano (kiri) menjaga penyerang Manchester City Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Dayot Upamecano dianggap biang keladi kekalahan Bayern Munchen dari Manchester City dengan skor 0-3 pada leg pertama babak perempat final Liga Champions, Rabu (12/4/2023) dini hari WIB. Akun media sosial bek tengah timnas Kanada itu pun langsung dibanjiri berbagai komentar negatif, termasuk pelecehan bernada rasial.

Dalam kolom komentar di unggahan terakhirnya di platform media sosial, Instagram, Upamecano mendapatkan berbagai cercaan dan makian terkait performanya di laga tersebut. Bahkan, tidak jarang, komentar tersebut berisi ujaran yang menyinggung ras dan warna kulit Upamecano.
 
Dalam salah satu komentar, Upamecano diminta untuk kembali ke Afrika. Pun dengan komentar yang menampilkan gambar gorila dan monyet lengkap dengan emoji yang menunjukan rasa jijik. Emoji dan komentar tersebut kerap dianggap sebagai simbol pelecehan rasial.
 
Bayern Munchen pun bergerak cepat dengan ikut memberikan komentar dalam unggahan tersebut. Komentar akun resmi Die Bayern itu berisi dukungan terhadap bek tengah berusia 24 tahun tersebut, seraya mengecam semua komentar negatif terhadap Upamecano.
 
''Semua pihak di FC Bayern mengutuk dengan sikap paling keras terhadap semua bentuk pelecehan rasial! Semua pihak di klub berdiri di belakangmu, Upa,'' tulis komentar akun resmi Bayern Muenchen tersebut seperti dilansir Associated Press, Rabu (12/4/2023).
 
Upamecano membuat blunder pada babak kedua setelah bermain meyakinkan pada paruh pertama dalam laga di Stadion Etihad tersebut. Gol kedua City, yang dicetak Bernardo Silva, tercipta karena pemain kelahiran Prancis itu gagal mengendalikan bola. Bola mampu direbut Jack Grealish yang kemudian mengirimkan bola ke Erling Haaland. Selanjutnya, Haaland melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti. Bola umpan Haaland itu disambar oleh Silva dengan tandukan dan menebalkan keunggulan City pada menit ke-70.
 
Eks bek tengah RB Leipzig itu juga sempat melakukan kesalahan operan saat ikut membangun serangan dari lini belakang. Buntut penampilan buruk di laga tersebut, Upamecano pun mendapatkan rating buruk dari sejumlah media olahraga asal Eropa.
 
Media olahraga asal Prancis, l'Equipe, memberikan nilai 2 dari 10 terhadap penampilan Upamecano di laga tersebut. Begitu pula dengan rating terburuk yang diberikan media asal Jerman, Bild, terhadap pemain yang mulai memperkuat Muenchen sejak 2021 silam.
 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement